Ketahui 4 Cara Membedakan Jahe, Kunyit, Lengkuas & Kencur!

JABAR EKSPRES –  Hingga saat ini masih banyak yang tidak bisa membedakan antara ke empat jenis rempah ini seperti jahe, kunyit, lengkuas, dan juga kencur, berikut ini kan dijelaskan cara membedakan ke empat jenis rempah tersebut.

Ke empat jenis rempah ini biasa digunakan dalam masakan atau bumbu dapur, oleh sebab itu penting untuk mengetahui perbedaan diantara ke empatnya.

Cara Membedakan Rempah Jahe, Kunyit, Lengkuas, dan Kencur

  • Warna

Cara mudah membedakan beberapa jenis rempah seperti jahe, kunyit, lengkuas, dan kencur adalah dengan melihat tampilan warna masing-masing rempah tersebut.

Kunyit sendiri memiliki memiliki warna yang khas yaitu berwarna kuning, sedangkan  jahe memiliki tampilan kulit yang berwarna sedikit kecoklatan, untuk lengkuas sendiri memiliki warna coklat ke abuan, dan untuk  kencur tampilan dari warnanya coklat tua kehitaman.

Baca Juga: Beberapa Manfaat Daun Seledri, Bisa Turunkan Darah Tinggi!

  • Aroma

Berbagai jenis rempah memiliki aroma khasnya masing-masing, seperti ke empat jenis rempah ini yang masing-masing memiliki aromanya tersendiri.

Jahe memiliki aroma khas yang segar, hangat, dan juga pedas jika di bandingkan dengan kunyit, lengkuas, dan juga kencur.

Sedangkan untuk kunyit sendiri memiliki aroma  yang lebih kuat dan tajam jika di bandingkan dengan jahe, untuk aroma lengkuas sendiri lebih ke aroma segar, dan kencur memiliki aroma yang kuat dan tajam.

  • Rasa

Cara lain untuk membedakan ke empat jenis rempah ini adalah dengan masing-masing rasanya.

Jahe sendiri diketahui memiliki rasa yang pedas, manis dan juga segar, sedangkan untuk kunyit memiliki rasa yang cenderung lebih pahit dan juga hangat,  untuk lengkuas memiliki rasa yang cenderung lebih ringan dari jahe, dan yang membedakan kencur adalah rasanya pedas dan juga menyengat tetapi tidak lebih menyengat dari jahe.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh Manusia!

  • Bentuk

Ke empat jenis rempah ini memiliki  bentuk yang hampir sama, namun  terdapat juga perbedaan diantaranya bentuk jahe yang lebih panjang dan berbentuk silinder dengan tekstur yang lebih kasar dan bergerigi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan