Inspiratif! PPM-IPDN Dominggus Waliangge Bertekad Bangun Jaringan Internet di Papua

JABAR EKSPRES – Salah seorang Pamong Praja Muda Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau disingkat PPM-IPDN Dominggus Waliangge, bertekad untuk membangun kampung halamanya di Papua Barat.

Putra dari pasangan Yohana Hoelengga dan Lewi Walianggen tersebut, telah resmi dilantik oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan menjadi CPNS, pada Kamis 27 Juli 2023.

“Dominggus menuturkan, bahwa setelah dilantik, nanti dilanjutkan dengan cpns, habis itu ditempatkan untuk melaksanakan tugas negara,” terang Dominggus kepada Jabar Ekspres, Kamis (27/7/2023).

BACA JUGA: Dilantik Hari Ini, Ma’ruf Amin ke Praja Muda Lulusan IPDN: ASN Tidak Sekedar Tunggu Arahan Atasan

Selanjutnya, Dominggus menceritakan sejak awal mulai pendaftaran, saat itu di daerahnya, belum ada jaringan internet sama sekali.

“Waktu mau daftar dulu di daerah saya tidak ada internet. Bahkan, sampai saat ini pun orang tua di kampung tidak dapat kabar kalau kami telah lulus. Tapi, karena keinginan saya lebih basar, dulu saya berjalan kaki ke kantor bupati untuk mendapatkan jaringan wifi,” ujarnya,

Kemudian, lanjut Dominggus, dirinya meminta untuk didaftarkan sekolah. Karena dirinya ingin melanjutkan pendidikan di IPDN.

“Setelah itu didaftarkan kemudian lulus, saya melanjutkan ke Jayapura, kemudian dilanjutkan dengan tes kesehatan dan berhasil bersekolah di sini,” tambahnya,

BACA JUGA: Wapres Ma’ruf Amin Lantik 1.627 Pamong Praja IPDN, Ini Pesannya!

Dominggus bertekad ketika sudah saatnya bertugas di daerahnya, dia akan membangun daerahnya mulai dari jaringan internet. Dia mengaku, bahwa selama belajar di kampus ada banyak ilmu yang didapat yang bisa bermanfaat untuk diterapkan di Papua.

“Saya belajar banyak, yang pertama adalah cara bagaimana mengenal budaya dari berbagai daerah. Karena di kampus ini, telah masuk dari berbagai daerah. Dididik dan dibina melalui jarlatsu, pelajaran pelatihan dan pengasuhan. Sehingga, kami ditempatkan pun tidak kaku karena sudah siap,” pungkasnya. (Mg11)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan