Hari Ini, Tim SAR Gabungan Masih Upayakan Evakuasi 8 Penambang Emas di Banyuwangi yang Terjebak Lubang Galian

JABAR EKSPRES – Tim SAR Gabungan kembali melakukan Upaya evakuasi terhadap 8 penambang emas yang terjebak di Kawasan Pertambangan Emas Rakyat Desa Pancurendang Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah pada hari ini Kamis, 27 Juli 2023. Seperti diketahui bahwa evakuasi kali ini adalah hari kedua.

Sebelumnya, upaya evakuasi 8 penambang emas yang terjebak di Kawasan Pertambangan Emas, Banyumas sudah mulai dilakukan sejak Rabu, 26 Juli 2023. Namun, Tim SAR Gabungan menghadapi kendala, sehingga evakuasi kembali dilakukan hari ini.

Sementara itu, rencana operasi yang dilakukan pada hari ini Tim SAR Gabungan melakukan briefing dan melanjutkan usaha penyedotan air menggunakan mesin pompa air submersible sebanyak 6 unit yang lebih besar dari kemarin. Hal ini sebagai langkah dari Upaya evakuasi 8 penambang emas yang terjebak di Kawasan Pertambangan Emas, Banyumas. Serta menutup titik resapan air dari Cekungan Air Tanah (CAT).

BACA JUGA: Sempat Terhambat, Tim SAR Gabungan Kembali Upayakan Evakuasi 8 Penambang Emas di Banyumas Hari Ini

“Bila titik masuk air sudah ditutup dan genangan mengering, akan dilanjutkan assesment lebih lanjut lagi,” kata Adah Sudarsa, Kepala Kantor SAR Cilacap selaku SAR Mission Coordinator (SMC), melalui keterangan resmi pada Kamis, 27 Juli 2023, dikutip JabarEkspres.com.

Sepertio diketahui ada 8 orang penambang emas di Kawasan Pertambangan Emas, Banyumas tersebut seluruhnya berasal dari Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Diantaranya Cecep Suriyana (29), Muhamad Rama Abd Rohman (38), Ajat (29), Mad Kholis (32), Marmumin (32), Muhidin (44), Jumadi (33), Mulyadi (40).

BACA JUGA: Bejad, Pria di Banyumas Hamili Anak Sendiri Hingga Melahirkan 7 Kali, Kerangka Bayi Ditemukan di Tanah Kosong

Langkah evakuasi 8 penambang emas yang terjebak di Kawasan Pertambangan Emas, Banyumas tersebut terus diupayakan oleh Tim SAR Gabungan sejka mendapatkan laporan adanya penambang yang terjebak.

Namun hingga berita ini dimuat, belum ada keterangan lebih lanjut dari Tim SAR Gabungan terkait perkembangan evakuasi yang dilakukan terhadap 8 penambang emas yang terjebak di Kawasan Pertambangan Emas, Banyumas tersebut. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan