Bantu Evakuasi 8 Penambang Emas di Banyuwangi, BPBD Kabupaten Bogor Kerahkan 7 Personel

JABAR EKSPRES – Delapan warga penambang emas terjebak di dalam lubang tambang emas rakyat, Desa Pancurendang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah diupayakan untuk dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Jawa Barat pun turun tangan.

Seperti diketahui bahwa delapan penambang emas di dalam lubang tambang emas rakyat, Desa Pancurendang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah merupakan warga Bogor. Sehingga BPBD Kabupaten Bogor pun mengerahkan personel untuk membantu evakuasi.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bogor Asep Sulaeman di Bogor, Kamis, 27 Juli 2023 mengatakan bahwa pihaknya mengerahkan tujuh personel untuk membantu evakuasi Tim SAR Gabungan menyelamatkan delapan penambang emas yang terjebak di dalam lubang tambang emas rakyat, Desa Pancurendang, Kabupaten Banyumas.

BACA JUGA: Hari Ini, Tim SAR Gabungan Masih Upayakan Evakuasi 8 Penambang Emas di Banyuwangi yang Terjebak Lubang Galian

“Kita sudah mempersiapkan tim, siang ini diberangkatkan untuk membantu evakuasi, tujuh personel,” kata Asep, dikutip JabarEkspres.com dari Antara News pada Kamis, 27 Juli 2023.

lebih lanjut, Asep mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Banyumas untuk memantau perkembangan upaya dalam menyelamatkan penambang yang terjebak sejak Selasa, 25 Juli 2023 malam.

Senada dengan BPBD Kabupaten Bpgor, Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan secara intensif melakukan pemantauan dari Bogor mengenai perkembangan evakuasi delapan warganya yang terjebak di lokasi tambang emas.

BACA JUGA: Sempat Terhambat, Tim SAR Gabungan Kembali Upayakan Evakuasi 8 Penambang Emas di Banyumas Hari Ini

Sebelumnya, Kepala Kantor SAR Cilacap Adah Sudarsa di Banyumas menjelaskan bahwa Tim search and rescue (SAR) gabungan yang dikoordinasi Kantor SAR Cilacap melakukan upaya evakuasi terhadap delapan orang penambang.

Ia mengatakan berdasarkan data, delapan penambang yang terjebak itu terdiri atas Cecep Suriyana (29), Rama Abd Rohman (38), Ajat (29), Mad Kholis (32), Marmumin (32), Muhidin (44), Jumadi (33), serta Mulyadi (40) dan seluruhnya berasal dari Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Adah Sudarsa juga sempat mengungkap rencana operasi yang dilakukan pada hari ini Tim SAR Gabungan melakukan briefing dan melanjutkan usaha penyedotan air menggunakan mesin pompa air submersible sebanyak 6 unit yang lebih besar dari kemarin. Hal ini sebagai langkah dari Upaya evakuasi 8 penambang emas yang terjebak di Kawasan Pertambangan Emas, Banyumas. Serta menutup titik resapan air dari Cekungan Air Tanah (CAT).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan