Akan Hadapi Kejuaraan Dunia dan Olimpiade, Diananda Choirunisa Latihan di Belanda

Jabar Ekspres – Atlet panahan putri Indonesia, Diananda Choirunisa, telah mengungkapkan berbagai persiapan yang dia lakukan menjelang Kejuaraan Dunia Panahan 2023 di Berlin, Jerman, serta upayanya untuk meraih tiket Olimpiade 2024 di Paris.

Salah satu persiapannya adalah melakukan simulasi perlombaan dan latihan terpusat di Belanda bersama tim nasional panahan. Mereka juga berlatih bersama timnas Belanda untuk mematangkan persiapan pertandingan dan mempersiapkan mental menghadapi kompetisi di Berlin.

BACA JUGA: Atlet Panahan Bocil Bersama Wabup Sumedang Jadi Pembuka Peresmian Perwosi

Dalam wawancara daring bersama Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia), Nisa menyatakan bahwa persaingan pada tahun ini hingga menuju Olimpiade 2024 di Paris sangat sengit dan merata. Meskipun begitu, negara-negara pesaing terberat berasal dari Asia, seperti Korea Selatan, China, dan Chinese Taipei.

“Kami saat ini sedang berlatih di Belanda, dan ikut latihan bersama timnas Belanda. Banyak uji coba, kami mencoba mematangkan persiapan pertandingan dan mental menuju ke Berlin nanti,” kata Nisa dikutip dari Antara News.

Demi menghadapi tantangan tersebut, Nisa berusaha untuk memfokuskan pikirannya pada setiap pertandingan dan turnamen serta mencoba untuk tidak terpengaruh oleh asal negara pesaingnya.

Diananda Choirunisa berpendapat bahwa latihan yang baik akan membuatnya lebih percaya diri untuk bersaing dengan siapa pun, terlepas dari negara asalnya.

“Sekarang saya lebih mencoba untuk tidak memandang (kompetitor) dari mana. Walaupun dia dari Korea Selatan, kami juga latihan dengan baik, sama bagusnya. Jadi saya lebih merasa percaya diri untuk melawan siapa pun,” ungkap Nisa.

Selain persiapan fisik, Nisa juga melakukan meditasi sebagai persiapan mental. Meditasi membantu menenangkan pikirannya dan meningkatkan kepercayaan diri, terutama saat harus bersaing dengan negara-negara yang kuat. Hal ini membuktikan bahwa persiapan mental juga memiliki peranan penting dalam prestasi atlet panahan.

Pengurus Pusat Persatuan Panahan Indonesia (PP Perpani) telah mengirim tiga atlet putri recurve untuk mengikuti Kejuaraan Dunia Panahan 2023 di Berlin, yaitu Nisa, Alpriani Eka Setiowati, dan Anindya Nayla Putri. Mereka didampingi oleh tiga pelatih, yaitu Hendra Setijawan, Denny, dan Park Young Geol dari Korea Selatan.

Tinggalkan Balasan