5 Keutamaan Bulan Muharam yang Harus Kamu Tahu

JABAR EKSPRES – Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Hijriah. Bulan ini merupakan salah satu bulan yang diistimewakan dalam Islam. Hal ini karena ada beberapa amalan yang menjadi ibadah utama jika dilakukan dibulan ini, berikut beberapa keutamaan Bulan Muharam yang harus kamu tahu agar semakin semangat melakukan ibadah.

Meski dibeberapa wilayah ada yang mengkeramatkan bulan Muharam atau dalam kalender jawa disebut sebagai bulan Suro. Namun dalam Islam, Muharam merupakan bulan mulia yang memiliki banyak keutamaan.

Untuk mengetahui apa saja keutamaan Bulan Muharam, bisa dilihat dari berbagai amalan yang ada didalamnya, serta nilai-nilai penting yang menjadi hikmah dalam setiap ibadah yang dilakukan di bulan ini.

Berikut beberapa keutamaan Bulan Muharam dan nilai penting dalam agama Islam:

Baca juga :Keistimewaan Puasa Senin Kamis di Bulan Muharam

1. Bulan Mulia dan Suci

Muharram adalah salah satu dari empat bulan yang dianggap mulia dan suci dalam Islam. Empat bulan mulia tersebut adalah: Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Pada bulan Muharram, Allah SWT memberikan nilai dan keberkahan yang khusus, sehingga ibadah dan amal perbuatan baik di bulan ini mendapatkan pahala yang besar.

2. Hari Asyura

Salah satu keutamaan besar bulan Muharram adalah adanya hari Asyura, yang jatuh pada tanggal 10 Muharram. Hari Asyura adalah hari yang bersejarah dalam Islam dan memiliki beberapa makna penting.

Pada hari ini, Allah SWT menyelamatkan Nabi Musa AS dan kaum Bani Israel dari kejaran Fir’aun dengan membelah Laut Merah. Di samping itu, pada hari Asyura juga merupakan hari di mana Nabi Adam AS menerima taubatnya setelah keluar dari surga.

3. Kesempatan Memperbanyak Ibadah

Bulan Muharram memberikan kesempatan bagi umat Muslim untuk meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain ibadah-ibadah wajib, seperti shalat dan puasa, bulan Muharram adalah momen yang baik untuk melakukan amalan-amalan sunnah, seperti shalat sunnah, sedekah, dan membaca Al-Quran.

Baca juga : Hukum Puasa 1 Muharam, Berikut Niat dan Keutamaannya

4. Pahala Puasa Asyura

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan