Wajah Baru Alun-alun Cimahi dengan Konsep Heritage Entertainment dan Religious Space, Wajib Kamu Kunjungi!

JABAR EKSPRES, CIMAHI – Pemerintah Provinsi Jawa Barat sejak awal tahun merevitalisasi Alun-alun Cimahi. tak lama lagi, masyarakat bisa menikmati wajah baru Alun-alun yang berada di Jalan Amir Mahmud, samping Mesjid Agung Kota Cimahi tersebut tersebut. Pemprov Jabar menggelontorkan biaya untuk renovasi Alun-alun kota Tentara itu hingga Rp14 miliar.

Penjabat Wali Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan berharap dengan tampilan baru Alun-alun Cimahi, bisa menarik minat masyarakat sehingga tidak harus pergi jauh-jauh ke Kota Bandung. Apalagi di kawasan Alun-alun Cimahi juga banyak pusat-pusat perbelanjaan.

BACA JUGA : Mari Rasakan Kenikmatan Panasnya, Deretan Tempat Pemandian Air Panas di Bandung Menanti Kedatanganmu!

“Begitu Alun-alun Cimahi selesai yang harus dilakukan adalah bagaimana menjaga hasil pembangunan ini agar benar-benar dapat dinikmati masyarakat,” kata Dikdik S Nugrahawan, Rabu (26/7).

Menurutnya, tampilan baru Alun-alun Cimahi lebih refresentatif dan bisa menyedot banyak pengunjung. Sehingga pusat-pusat perbelanjaan yang ada di sekitar Alun-alun Cimahi bisa ikut terdongkrak dari sisi perekonomiannya.

“Kita berharap iklim ekonomi berkembang dengan baik, maka setiap pertokoan atau pusat-pusat belanja banyak yang memanfaatkan berbelanja di sana,” Ujar Dikdik.

Setelah renovasinya rampung nanti pihaknya akan membahas terkait penggunaan dan penataan Alun-alun Cimahi. Termasuk lokasi keberadaan para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang sebelumnya kerap berjualan di kawasan tersebut.

BACA JUGA : Viva La Pizza, Menu Baru Persembahan Vue Palace Artotel Curated Bandung

“Insya Allah kami akan jaga, akan dipelihara aset ini. Nanti kita akan bahas apa yang hatus dilakukan, bagaimana penggunaan alun-alun, termausk toko-toko di sekitarnya,” kata Dikdik.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Cimahi Endang menambahkan, progres revitalisasi Alun-alun Cimahi yang biaya sepenuhnya dari Pemprov Jabar ini sudah menyentuh 90 persen.

“Progresnya sudah sekitar 90 persen. Kalau kontraknya itu sampai tanggal 7 Agustus 2024. Jadi masih ada waktu,” Terang Endang.

Dia mengatakan, berdasarkan siteplane yang sudah dibuat, Alun-alun Cimahi kini dilengkapi dengan main entrance, Plaza Barat, Plaza Timur, air mancur, traf dan tugu, playground, service area, akses basement, tangga basement, Taman Blumbak, Plaza Masjid hingga drop area.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan