Mengenal Sosok Bojan Hodak, Pelatih Baru Persib Bandung Resmi Gantikan Luis Milla

JABAR EKSPRES – Nama Bojan Hodak santer mencuri perhatian sejak Deputy CEO PT PERSIB Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono mengumumkan pelatih baru Persib Bandung pengganti Luis Milla. Pasalnya sosok Bojan Hodak juga memiliki eksistensi yang terbilang kuat di wilayah Asia Tenggara.

Sosok Bojan Hodak dinilai memiliki rekam jejak yang mumpuni di dunia sepak bola. Sehingga, sejak diumumkan sebagai pelatih baru Persib Bandung untuk menggantikan Luis Milla, Bojan Hodak diharapkan bisa membuat Pangeran Biru bermain lebih gacor pada setiap laga.

Namun rupanya, tak sedikit orang yang belum mengenal sosok Bojan Hodak, yang kini resmi menjadi pelatih baru Persib Bandung menggantikan Luis Milla. Padahal nama ia cukup eksis di dunia sepak bola Asia Tenggara.

BACA JUGA: Sempat Tangani Kuala Lumpur FC, Bojan Hodak Siap Jadi Pelatih Persib Bandung Gantikan Luis Milla

Lalu, siapakah sosok Bojan Hodak yang sebenarnya?

Dikutip JabarEkspres.com dari berbagai sumber pada Rabu, 26 Juli 2023, Bojan Hodak merupakan pelatih sepak bola kelahiran Zagreb, Yugoslavia, 4 Mei 1971. Ia dinilai sebagai pemain sepak bola berbakat.

Pada tahun 2002 silam, Bojan Hodak memutuskan untuk gantung sepatu. Kemudian ia memantapkan diri untuk terjun sebagai pelatih setelah bertahun-tahun lamanya ia dikenal sebagai pemain sepak bola.

Adapun klub pertama yang dia latih ialah UPB-MyTeam. Masa kerja Hodak di sana berlangsung sejak 2006 hingga 2009. Salah satu pencapaian terbaiknya ialah meraih runner-up Liga Primer Malaysia musim 2007 lalu.

BACA JUGA: Luis Milla Resmi Mundur, Persib Bandung Umumkan Bojan Hodak sebagai Pelatih Baru

Setelah itu, Bojan Hodak itu mendapatkan tantangan baru untuk mengawali karier kepelatihannya di Liga Kamboja. Hal ini menambah panjang rekam jejaknya dalam dunia sepak bola.

Kemudian, Bojan Hodak dikontrak Phnom Penh Crown pada tahun 2010. Namun, meski sukses meraih gelar juara Liga Kamboja 2011, karier Hodak di sana tak berlangsung lama. Pasalnya, ia mengakhiri masa jabatannya pada 2011 karena mendapatkan tawaran untuk menjadi asisten pelatih di klub raksasa China, Shandong Luneng.

Tak sampai di situ, perjalanan karier Bojan Hodak sebagai pelatih sepak bola dilanjut dengan melatih klub Liga Super Malaysia saat direkrut Kelantan pada tahun 2012. Bahkan, dia juga sempat ditunjuk melatih klub raksasa Negeri Jiran, Johor Darul Takzim atau JDT pada 2014.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan