Kebakaran Hutan di Pulau Rhodes Yunani Merenggut 3 Nyawa

JABAR EKSPRESKebakaran besar melanda Pulau Rhodes, Yunani, ketika kebakaran hutan meluas dan mencapai Pulau Corfu dan Evia. 3 nyawa tak tergantikan menjadi korban akibat kejadian memilukan ini.

Melansir dari AFP, peristiwa tragis itu terjadi pada Rabu (26/7/2023), ketika dua pilot pesawat pengebom air mengalami nasib buruk. Pesawat mereka jatuh ketika berusaha memadamkan api yang terus merajalela. Tak hanya dua pilot itu, ada juga satu orang lainnya yang ditemukan tewas hangus di Pulau Evia, Yunani, pada hari Selasa (25/7) yang lalu.

Menurut laporan Departemen Pemadam Kebakaran Yunani, pesawat Canadair tersebut mengalami kecelakaan di sekitar wilayah kebakaran yang pertama kali terjadi pada hari Minggu. Rekaman dari ERT TV negara menunjukkan momen tragis saat pesawat tersebut terhempas setelah memotong pohon dan meledak.

Baca Juga: Aksi Pembakaran Al Quran di Denmark: Aktivis Anti-Islam Memicu Kontroversi

Diketahui bahwa kedua pilot yang gugur adalah anggota angkatan udara Yunani. Akibat kejadian ini, Kementerian Pertahanan Yunani telah menyatakan masa berkabung selama tiga hari.

Perdana Menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis, menyatakan, “Mereka kehilangan nyawa, tapi menyelamatkan banyak nyawa” dengan penuh duka cita atas kehilangan tersebut.

Selain dua pilot tersebut, ada seorang pria yang juga ditemukan tewas. Namun, hingga saat ini, identitas pria itu masih belum jelas.

“Kami perlu tes DNA untuk memastikan apakah ini adalah gembala yang hilang sejak Minggu,” kata Konstantina Dimoglidou, juru bicara polisi Yunani.

Baca Juga: DI Yogyakarta, Tempat Pertemuan Pertama ASEAN Village Network!

Petugas pemadam kebakaran Yunani masih berjuang mengatasi kobaran api yang telah merambat dari pulau pariwisata Rhodes hingga mencapai Corfu dan Evia. Selain itu, kabar tentang beberapa titik api aktif juga beredar di berbagai penjuru negara.

Kementerian Perlindungan Sipil telah mengeluarkan peringatan tentang bahaya ekstrem kebakaran di enam dari 13 wilayah negara pada hari Rabu. Kondisi yang amat mengkhawatirkan dan perlu perhatian serius dari seluruh masyarakat.

Tinggalkan Balasan