Wasit Liga 1 Jadi Sorotan, Erick Thohir Ingatkan Ini!

JABAR EKSPRES – Sejumlah kontroversi yang hadir selama Liga 1 berlangsung menjadi perhatian sejumlah pihak.

Selama 4 pekan bergulir, Liga 1 menjadi sorotan, terlebih belum lama ini keputusan wasit menjadi kontroversi.

Menanggapi itu, Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengatakan, ada tiga hal yang harus ditingkatkan dalam persepakbolaan, yakni wasit, suporter, dan keuangan.

BACA JUGA: Ramai-ramai Tarik Anaknya dari Ponpes Al Zaytun, MUI Jabar: Masyarakat Harus Kritis

Baca juga: Mantap! Pendapatan Pajak Lampaui Target, Pj Walkot Cimahi Apresiasi Bappenda

“Tentang perwasitan, bahwa kalau ada wasit yang nakal pasti saya gigit, dan buktinya kan sudah ada beberapa yang dipanggil bareskrim kemarin,” ujar Erick saat ditemui beberapa waktu lalu.

Erick menjelaskan para wasit yang dipanggil bareskrim tidak langsung ditangkap, namun diperiksa terkait pengaturan skor. Erick menengaskan semuanya perlu bukti.

“Tapi bukan berarti mereka ditangkap, karena kan belum terbukti. Jadi intinya, kalau mereka ikut main pengaturan skor pasti ditangkap. Dan kalau ditangkap oleh kepolisian ya dari kami pasti hukuman seumur hidup. Tapi ini kan perlu bukti,” katanya.

Selain itu, Erick menilai ada banyak wasit yang mungkin salah meniup karena kemampuan wasit atau tekanan yang ada di lapangan.

BACA JUGA: Kisruh PPDB 2023, Fortusis Jabar Terima Aduan Orang Tua Siswa yang Ngaku Dirugikan

“Tetapi ada juga yang wasit ya karena mereka meniup salah karena mereka mungkin kemampuan atau tekanan dilapangan, nah itu memang harus ada hukuman yang berbeda,” kata Erick.

“Jadi konteksnya, satu, kita gigit kalau ada main, pihak kepolisian sudah siap. kedua, kalau memang meniup salah kapabilitasnya kita didik, kita dorong. Kemarin ada pelatihan sudah dua kali. Yang ketiga teknologi, sehingga mengurangi daripada kesalahan,” jelasnya.

Namun baginya, untuk saat ini VAR adalah yang terpenting.

“Tetapi yang paling penting, bagaimana kita menuju VAR di bulan februari 2024 supaya bisa menekan kekurangan ini,” lanjutnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan