Situ Bagendit Bakal Pancarkan Pesona Baru pada Akhir Agustus 2023

JABAR EKSPRES – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut mulai melakukan pembersihan di objek wisata Situ Bagendit. Kabarnya, kawasan wisata tersebut akan dibuka pada Bulan Agustus nanti.

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman mengatakan bahwa setelah proses renovasinya rampung, Presiden Joko Widodo akan meresmikan kawasan wisata Situ Bagendit pada akhir Bulan Agustus 2023.

“Rencana kita sama pak presiden. Ya kita juga antisipasi, kalau pak presiden enggak bisa, sama pak menteri. Kalau pak menteri gak bisa, ada pak gubernur. Tapi tetap kita undang terutama pak presiden,” ucap Helmi Budiman.

BACA JUGA: Situ Ciseupan, Wisata Alam nan Murah Meriah di Kota Cimahi

BACA JUGA: Kesyahduan Situ Cukul Bakal Membuat Stress dan Beban Pikiran Langsung Pergi!

Saat ini, Situ Bagendit yang memiliki luas sekitar 100 hektare dipercantik oleh Pemkot Garut. Pembersihan ini akan memakan waktu hingga 2 bulan. Bahkan, pihaknya juga akan meminjam alat berat amfibi ke BBWS (Balai Prasarana Permukiman Wilayah) untuk melakukan pembersihan eceng gondok di kawasan itu.

“(Peresmiannya) Bulan Agustus, akhir Agustus. Kemarin kita sudah bertemu dengan Pak Gubernur, silakan katanya karena kan targetnya sebelum pak gubernur selesai,” tutupnya.

Pemerintah melakukan renovasi pada Situ Bagendit dengan bantuan dari Kementerian PUPR, melalui BPPW Jawa Barat Direktorat Jenderal Cipta Karya. Proses pengerjaan ini telah berlangsung sejak tahun 2020, hingga ditargetkan beres pada tahun 2022.

Revitalisasi ini dilakukan untuk menindaklanjuti kunjungan Presiden Joko Widodo pada April 2019 lalu. Proses renovasi Situ Bagendit ini memakan biaya hingga Rp87,73 miliar berdasarkan APBN Kementerian PUPR. (Fizh)

BACA JUGA: Situ Cileunca Pangalengan, Keindahan Danau Buatan yang Tiada Tara

BACA JUGA: Paniisan Cippo, Rekomendasi Wisata Air yang Begitu Alami di Bandung

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan