Polres Sukabumi Lakukan Autopsi Jenazah Siswa Peserta MPLS SMPN 1 Ciambar

Jabar Ekspres – Satuan Reserse Kriminal Polres Sukabumi telah melakukan autopsi pada jenazah Mandala Aditya Pratama (13), seorang pelajar SMPN 1 Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang meninggal dunia akibat diduga tenggelam di Sungai Cileuluy saat mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada Sabtu (22/7).

“Autopsi dilaksanakan hari ini mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai. Kegiatan ini merupakan rangkaian penyelidikan Polres Sukabumi untuk mengungkap penyebab kematian dari korban,” kata Kapolres Sukabumi Ajun Komisaris Besar Polisi Maruly Pardede di Sukabumi, Selasa (25/7), dikutip dari Antara News.

BACA JUGA: Geger Siswa SMPN 1 Ciambar Tewas Tenggelam di Sungai, Disdik Kabupaten Sukabumi: Bukan saat MPLS!

Maruly menjelaskan bahwa proses autopsi melibatkan tim gabungan dari Satuan Reserse Kriminal Polres Sukabumi, Polsek Nagrak, dan dokter forensik dari RSUD Sekarwangi Cibadak.

Autopsi dilakukan di lokasi pemakaman jenazah Mandala Aditya Pratama di Kampung Selaawihilir, RT 02/06, Desa Cibunarjaya, Kecamatan Ciambar. Pelaksanaan autopsi dijaga ketat oleh personel gabungan dari Polres Sukabumi dan Polsek Nagrak.

Kegiatan autopsi jenazah pelajar kelas VII ini merupakan bagian dari upaya kepolisian untuk mencari penyebab kematian korban, sebagai langkah awal sebelum memasuki tahap penyidikan lebih lanjut.

“Kami menangani kasus ini secara profesional dan serius. Hasil dari autopsi ini sangat penting untuk mengungkap penyebab tewasnya Mandala saat mengikuti kegiatan MPLS dan untuk memperkuat jalannya penyelidikan,” tambah Kapolres.

Sebelumnya, polisi juga telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi tenggelamnya korban di Sungai Cileuluy, Kampung Selaawi, Desa Cibunarjaya, Kecamatan Ciambar. Mereka juga telah meminta keterangan dari pihak sekolah dan rekan-rekan korban yang mengikuti kegiatan MPLS.

Di sisi lain, Kapolres mengimbau masyarakat untuk tidak mempercayai isu atau informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Ia meminta semua pihak untuk percaya dan menyerahkan penanganan kasus kematian pelajar di Ciambar ini kepada aparat kepolisian.

BACA JUGA: Ambil Sikap! Bupati Sukabumi Ancam Pecat Kepala SMPN 1 Ciambar, Jika Terbukti Siswa Tewas Akibat Kegiatan MPLS

Mandala Aditya Pratama ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di Sungai Cileuluy setelah mengikuti kegiatan MPLS yang diadakan oleh pihak sekolah pada Sabtu (22/7). Korban sempat mengikuti berbagai kegiatan MPLS, termasuk lintas alam dan makan bersama dengan rekan-rekannya. Namun, setelah kegiatan tersebut selesai, Mandala tidak kembali pulang ke rumahnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan