Jadwal dan Niat Puasa Asyura, Awas Jangan Sampai Terlewat

JABAR EKSPRES – Puasa asyura merupakan salah satu puasa sunah yang diutamakan, karena hanya bisa dilakukan dalam satu tahun sekali. Puasa Asyura akan dilaksanakan di bulan Muharam ini, kapan jadwal tepatnya kamu bisa cek di tulisan ini lengkap dengan bacaan niatnya.

Puasa Asyura memiliki banyak keutamaan jika dilaksanakan dengan niat yang tulus dan kesungguhan hati. Puasa asyura dilaksanakan pada setiap tanggal 10 Muharam, untuk penanggalan nasional dimana 1 Muharam jatuh pada tanggal 19 Juli 2023, maka puasa asyura akan dilaksanakan pada tanggal 28 Juli 2023.

Sebelum melaksanakan puasa Asyura ada satu puasa lagi yang tak kalah penting, yakni puasa Tasua’, puasa ini merupakan puasa yang menjadi pembeda dengan kaum Yahudi yang juga melaksanakan puasa pada 10 Muharam.

Baca juga : Mengungkap Rahasia Asal Muasal Puasa Asyura, Benarkah Tradisi Yahudi?

Meski hanya menjadi pelengkap, namun puasa Tasua juga memiliki keutamaan bila dilaksanakan sebelum puasa Asyura. Apalagi pelaksanaannya pada tanggal 9 Muharam 1445 Hijriah ini bertepatan dengan puasa sunah hari kamis.

Sehingga bila dilakukan, akan mendapatkan pahala berlipat ganda yakni pahala puasa sunah Tasua dan pahala puasa sunah hari kamis.

Niat Puasa Asyura

Sebelum melakukan puasa, sebagaimana ibadah lain harus diawali dengan niat, demikian juga puasa Asyura.

Adapaun bacaan niat untuk puasa Asyura adalah sebagai berikut :

Dalam mazhab Syafi’i, lafal niat puasa asyura sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ فِيْ يَوْمِ عَاشُوْرَاء سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

(Nawaitu shouma fii yaumi aasyuuroo’ sunnatan lillaahi ta’aalaa)

Artinya: saya niat puasa sunnah asyura sunnah karena Allah Ta’ala.

Keutamaan Puasa Asyura

Untuk menambah semangat melaksanakan puasa asyura, kita perlu tahu apa saja keutamaan melaksanakan puasa di bulan Muharam tersebut.

1. Puasa paling utama

Puasa yang dilaksanakan di bulan Muharram merupakan puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan. hal ini dijelaskan dalam Hadits berikut ini:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

“Puasa paling utama setelah Ramadhan adalah (puasa bulan) Muharram dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam.” (HR. Muslim)

Baca juga : Jangan Lewatkan, ini Jadwal Puasa Tasua Asyura pada Tahun 2023

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan