7 Rebusan Daun untuk Lawan Tekanan Darah Tinggi

JABAR EKSPRES – Tekanan darah tinggi, si penyakit yang tak bisa dianggap remeh. Jangan sampai disepelekan, karena bisa berujung pada masalah serius seperti penyakit jantung. Berikut beberapa jenis daun atau tanaman yang bisa kamu rebus untuk darah tinggi.

Ternyata, salah satu penyebab tekanan darah tinggi adalah kelebihan berat badan. Namun, jangan khawatir! Ada cara alami yang menarik untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan menggunakan tujuh jenis rebusan daun ajaib untuk darah tinggi berikut ini.

7 Rebusan Daun untuk Darah Tinggi

  1. Daun Sirih

Penelitian dari Jurnal Ilmu Keperawatan Komunitas Volume 1 No 1 Mei 2018 menyatakan bahwa daun sirih mengandung flavonoid yang efektif menurunkan tekanan darah tinggi. Inilah kesempurnaan dari alam yang bisa membantu Anda menjaga kesehatan jantung dengan lebih baik.

Baca juga : Flu Datang? Berikut Makanan yang Cocok Untuk Meredakan Flu Agar Pulih Lebih Cepat

  1. Daun Salam

Buku berjudul “The Miracle of Herbs” karya dr. Prapti Utami dan Desty Ervina Puspaningtyas S.Gz mengungkapkan rahasia daun salam yang kaya akan flavonoid, yang ternyata berperan menurunkan tekanan darah tinggi. Cukup dengan merebus tujuh sampai 15 lembar daun salam dengan tiga gelas air hingga mendidih, dan sisa satu gelas air itulah yang bisa Anda minum dua kali sehari.

  1. Daun Kelor

Dikutip dari Medical News Today, daun kelor mengandung quercetin yang memiliki peran penting dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Jadi, jangan ragu untuk mencoba manfaat alami dari rebusan daun kelor untuk kesehatan tenakan darah tinggi serta kesehatan jantung Anda.

  1. Daun Jambu Biji

Ternyata jambu biji juga punya kandungan antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, seperti yang dilansir oleh Grid.id. Nikmati kelezatan sehat dari jambu biji untuk menjaga tekanan darah tetap stabil.

  1. Daun Suji

Kandungan polifenol dalam daun suji membantu melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Dengan rutin mengonsumsi air rebusan daun suji, Anda bisa terhindar dari risiko penyakit jantung dan stroke.

  1. Daun Pegagan

Pegagan mengandung kalium yang bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Cukup rebus 20 lembar daun pegagan segar dengan tiga gelas air, lalu saring dan dinginkan. Anda dapat membagi air rebusan daun pegagan ke dalam beberapa bagian dan minum tiga kali sehari.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan