5 Buah Ajaib yang Berkhasiat Turunkan Kolesterol

JABAR EKSPRES – Siapa sangka ternyata ada obat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi yang memiliki rasa enak. Jika biasanya harus mengomsumsi obat medis yang pahit, maka dengan 5 buah ajaib yang enak ini kamu juga bisa turunkan kolesterol dengan lebih aman.

Sebagaimana diketahui, kadar kolesterol yang tinggi bisa menjadi tanda bahaya dan berisiko memicu berbagai gangguan kesehatan lainnya. Karenanya hanya dengan menonsumsi 5 buah ajaib ini kadar kolesterol akan bisa diturunkan.

Sehingga resiko terkena penyakit lain akan bisa dicegah dan diminimalisir. Kamu pasti penasaran apa saja buah ajaib yang ampuh turunkan kolesterol ini.

Dilansir dari laman Halodoc, seseorang bisa dikatakan mengalami kolesterol tinggi jika hasil pemeriksaan darah menunjukkan angka di atas 240 mg/dL.

Karena kadar kolesterol normal untuk orang dewasa adalah kurang dari 200 mg/dL. Saat kadar kolesterol terlalu tinggi, risiko berbagai penyakit kardiovaskular pun akan meningkat.

Kondisi ini juga bisa memicu penyakit, seperti aterosklerosis, akumulasi kolesterol, dan plak berbahaya di dinding arteri.

Baca juga :Ternyata 10 Buah Ini Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol

Namun Kolesterol tidak semuanya jahat, tubuh juga membutuhkan kolesterol untuk membantu pembentukan sel-sel sehat. Tingginya kadar kolesterol jahat bisa meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti stroke dan penyakit jantung.

Untuk mendapatakan kadar kolesterol yang stabil, kamu perlu menjaga pola makan dan pola hidup yang teratur. Salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa menurunkan kadar kolesterol, seperti berikut ini?

1. Alpukat

Alpukat kaya akan kandungan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Rutin mengonsumsi buah alpukat bisa membantu menurunkan kolesterol jahat.

Buah alpukat juga kaya akan kandungan vitamin, mineral, serta senyawa yang bisa menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh.

2. Apel

Selain pisang, kamu juga bisa mengonsumsi satu buah apel untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Buah yang satu ini kaya akan kandungan pektin, yaitu kandungan nutrisi yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Pektin menyerap kolesterol dan lemak jahat yang ada di dalam usus halus, kemudian membawanya keluar tubuh melalui feses.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan