“Side Land” Wisata Unggulan di Kuningan

JABAR EKSPRES – Diambil dari nama blok “Side” wisata air dan rekreasi Side Land dibentuk oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Arya Kemuning, di Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Saat mengunjungi Side Land wisatawan akan langsung disuguhi pemandangan bukit gunung kapur di Kabupaten Majalengka. Dengan harga tiket Rp15.000 pengunjung bisa menjajal beberapa kolam renang dan area bermain lainnya.

Berbeda dari kolam renang biasanya, untuk memanjakan mata pengunjung yang bermain air, mereka akan disuguhi pemandangan terasering sawah. Berada di atas bukit, Side Land di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan ini dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

BACA JUGA: Mengintip Pesona Nabawadatala di Sumedang, Ramai Diserbu Wisatawan di Akhir Pekan

Bukan hanya masyarakat di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka bahkan hingga mancanegara. Meski baru dikembangkan tahun 2019 dan diresmikan 2022 objek wisata yang dikelola oleh Bundes Arya Kemuning, Desa Kaduela, Kabupaten Kuningan ini sukses menjadi unggulan tempat wisata di Kabupaten Kuningan.

Direktur Bumdes Kaduela, Iim Ibrahim, menyampikan dalam satu bulan kunjungan wisata bisa mencapai 30 ribu pengunjung.

“Side Land pertama di buka langsung ramai pengunjung, memang ini masih tahap pembangunan, tapi alhamdulillah bisa dioperasikan 1 Desember 2022. Berjalan sekitar 4- 5 bulan sampai saat ini,” ucapnya.

Dari kunjungan tersebut, Bumdes Arya Kemuning mampu mengumpulkan 3 Miliar perbulan.

Dana tersebut diperuntukkan untuk bisya mengelola SDM dan perawatan fasilitas.

“Yang disuguhkan wisata kolam renang di alam terbuka, berbeda dengan wisata kolam renang lainnya, ada pemandangan terasering sawah, bukit, Gunung Ciremai,” ujarnya.

Wahana air yang tersedia di Side Land antara lain; Kolam anak, Mandi busa, seluncuran terpanjang di Kuningan, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Curug Ciputrawangi Sumedang Tawarkan Wisata Alam Kekinian

“Kalau malam ada pemandangan lampu-lampu dari Kota Cirebon, wisata yang ditonjolkan disini perosotan terpanjang di Kabupaten Kuningan panjangnya 40 meter, ada mandi busa, memanjakan wisatawan anak-anak,” ujarnya.

Saat akhir pekan maupun di hari libur, jumlah wisatawan yang datang bisa sampai ribuan kunjungan.

“Menjelang akhir pekan kunjungan sekitar 1000an lebih, hari biasa hanya 700 pengunjung, kalau weekend Sabtu- Minggu sekitar 400-500 pengunjung, tapi kalau libur bisa 1000 kunjungan,” jelasnya. *

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan