Penelitian Pencemaran Lindi TPA Sarimukti ke DAS Citarum, DLH Jabar: Uji Laboratorium Harus Terakreditasi

JABAR EKSPRES – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat menegaskan pembuktian pencemaran limbah lindi dari TPA Sarimukti ke daerah aliran sungai (DAS) Citarum harus melalui tahapan dan prosedur laboratorium terakreditasi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat, Prima Mayaningtyas mengatakan, hasil penelitian yang dilakukan oleh aktivis lingkungan sebagai rujukan adanya pencemaran limbah lindi dari TPA Sarimukti ke DAS Citarum.

“Penelitian harus dengan kaidah yang jelas, karena setiap penelitian dan pengambilan sampel termasuk uji laboratorium harus terakreditasi,” kata Prima saat dihubungi, Sabtu (22/7/2023).

Menurutnya, tanpa prosedur tersebut hasil penelitian tak bisa diterima karena sulit dipertanggungjawabkan.

“Maka saya gak bisa terima itu sebagai pembuktian pencemaran,” katanya.

Sebelumnya, kata Prima, DLH Jabar telah melaksanakan penelitian tersendiri terhadap DAS Citarum yang berdekatan dengan TPA Sarimukti. Mulai dari Sungai Ciganas dan Cipanawuan yang bermuara ke Cipicung.

Selain itu, di bagian hilir yakni Sungai Cimeta. Dari hasil uji sampel air terhadap sungai-sungai itu DLH memastikan kondisinya sudah memenuhi baku mutu air.

“Kita langsung pengujian di aliran Sungai Ciganas dan Cipanawuan yang bermuara di Cipicung. Hasil pemantauan kualitas air kemarin, di Sungai Cipicung baik upstream masih memenuhi baku mutu. Kecuali ada parameter pecachouli dan totalcholi dari kotoran manusia atau hewan bukan dari Lindi. Karena kalau lindi parameternya BOD, COD, dan TDS,” kata Prima.

“Di titik downstream Sungai Cimeta juga memiliki baku mutu. Hanya memang masih ditemukan BOD dari seharusnya 3 miligram per liter, itu masih ditemukan 4 miligram per liter,” tandasnya.

Sebelumnya, aktivis lingkungan yang tergabung dalam Tim Masyarakat Peduli TPA Darurat Sarimukti masih menemukan pencemaran limbah air lindi dari TPA Sarimukti. Pipa pengeluaran air atau outlet instalasi pengolahan air limbah (IPAL) TPA Sarimukti masih memproduksi limbah air lindi berwarna coklat dan berbusa masuk ke sungai Ciganas dan Cipanawan yang bermuara ke Cipicung, Cimeta lalu Citarum.

Tim mengambil sampel air dari beberapa titik untuk diuji di laboratorium. Selain mengambil sampel, mereka melakukan uji ketahanan tiga jenis ikan memakai air yang langsung keluar dari outlet IPAL TPA Sarimukti serta air dari IPAL yang sudah bercampur dengan air sungai Ciganas dan Cipanawan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan