Wisata Alam Curug Ciputrawangi Kini Sudah Bisa Diakses Menggunkaan Mobil

JABAR EKSPRES – Objek wisata alam Curug Ciputrawangi. Mulai pekan ini sudah bisa diakses menggunakan kendaraan roda empat, Jum’at 21 Juli 2023.

Lokasinya yang berada Kaki Gunung Tampomas, tepatnya di Dusun Ciloa RT.13/Rw 3 Desa Narimbang Kecamatan Conggeang Kabupaten Sumedang, dulu hanya bisa ditempuh dengan menggunakan sepeda motor saja.

“Itu pun melalui jalanan setapak melalui padat pemukiman warga sekitar, karena memang tempat ini dulu merupakan salah satu pintu jalur pendakian menuju gunung tampomas,” Ujar Adang (32) kepada Jabar Ekspres, Jum’at 21 Juli 2023, selaku petugas tiket.

BACA JUGA: Wisata Favorit di Kuningan, J&J Hadirkan Pesawat Terbang dan Mini Zoo

Hal itu diungkapkan juga oleh Pak Olot Ino selaku Anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), dulu masih belum ditata, masih sebagai tempat bermain anak-anak dan warga setempat saja.

“Mulai dari 2008, saya dan beberapa orang selaku anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan mulai bergerak dan mengelola lokasi ini,” Terangnya,

Terkait jalan yang saat ini masih dalam tahap finishing, Olot Ino mengungkapkan bahwa itu merupakan hasil swadaya masyarakat setempat, LMDH dan pemerintah Desa Narimbang.

“Alhamdulillah, dari hasil sosialisasi kepada masyarakat sekitar dan kepala desa, akhirnya mereka mendukung potensi yang ada di Curug Ciputrawangi ini,” Ungkapnya Kepada Jabar Ekspres, di lokasi.

Bahkan, lanjut Olot Ino, pembangunan akses untuk jalan mobil itu tanahnya didapat dari salah seorang warga setempat.

“Tanahnya itu gratis, tidak dibeli. Pengecoranya dibantu pihak Desa dan pengerjaanya oleh masyarakat,” Katanya.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Wisata Alam Bandung, Dijamin Bisa Ngilangin Penat!

Sebagai liding sektor lapangan, Olot Ino masih mengharapkan adanya bantuan modal dari berbagai pihak yang dermawan.

“Dulu memang sempat ada investor yang mau memberikan bantuan, tapi pihaknya ingin mengelola sendiri. Kami menolak, karena bagaimana pun itu akan terbayang rumit, di tambah ini merupakan tempat bermain warga setempat sejak dulu kala,” Tandasnya. (Mg11)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan