Mau Setiap Tarikan Nafasmu Jadi Pahala? Lakukan Amalan Ini Sebelum Tidur

JABAR EKSPRES – Melakukan amalan kecil dan mudah tapi membuat pahalamu terus bertambah, seperti saat kamu hanya bernafas. Tentu kamu sangat penasaran apakah amalan sebelum tidur yang mudah tersebut.

Amalan sebelum tidur yang bisa menjadikan setiap tarikan nafasmu berpahala adalah wudhu. Hanya dengan berwudhu sebelum tidur kamu akan mendapatkan banyak sekali manfaat.

Berwudhu sebelum tidur merupakan salah satu amalan sunnah yang sangat mudah untuk dikerjakan oleh umat Islam. Sayangnya banyak yang masih belum terbiasa melakukannya.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’”. (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.)

Dari hadits diatas diketahui lagi manfaat lain bila melakukan amalan berwudhu sebelum tidur, yakni akan akan dijaga malaikat selama dia tidur dan akan diampuni dosa-dosanya.

Baca juga :  Tata Cara Wudhu yang Benar Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad SAW

Sama halnya dengan hadits dibawah ini :

“Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat.” (HR. Bukahri dan Muslim).

Dari segi kesehatan, berwudhu sebelum tidur juga bisa merilekskan otot-otot yang sebelumnya sudah bekerja keras selama seharian.

Hal ini bisa dibuktikan dalam ilmu kedokteran bahwa percikan air yang dikarenakan umat muslim melakukan wudhu itu merupakan suatu metode atau cara mengendorkan otot-otot yang kaku karna lelahnya dalam beraktifitas.

Sangat diambil dampak positifnya bahwa jika seseorang itu telah melakukan wudhu, maka pikiran akan terasa rileks. Badan tidak akan terasa capek. Sehingga saat bangun dipagi harinya akan bugar dan siap beraktivitas kembali.

Rosulullah senantiasa memberikan contoh kepada umatnya untuk melakukan amalan-amalan yang memberikan manfaat. seperti halnya wudhu sebelum tidur ini, yang selalu rutin dilakukan Rosulullah.

Baca juga : Wudhu dengan Sempurna Ternyata Dapat Hilangkan Kuman Penyakit

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan