Keutamaan Sedekah di Hari Jumat dan Tingkatan Sedekah Menurut Hadits

JABAR EKSPRES – Bersedekah merupakan kewajiban bagi setiap muslim, hal ini di riwayaktkan oleh Abu Musa RA. Ada beberapa keutamaan sedekah terutama bila dilakukan pada hari jumat.

Hari Jumat merupakan hari yang dimuliakan Allah, bahkan ada amalan yang hanya bisa dilakukan pada hari jumat, seperti Sholat Jumat. Ada juga keutamaan yang lebih tinggi bila dilakukan di hari jumat, seperti sedekah.

Meski sama-sama melakukan sedekah, namun pahalanya akan lebih besar bila dilakukan pada hari jumat, apalagi bila dilakukan dipagi hari setelah subuh.

Dilansir dari laman mui.or.id, Imam Syafii dalam kitab Al-Umm bab “Hal-hal yang Diperintahkan di Hari dan Malam Jumat”, meriwayatkan hadits berikut:

بَلَغَنَا عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى أَنَّ رَسُولَ اللهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَكْثِرُوا الصَّلَاةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَإِنِّي أُبَلَّغُ وَأَسْمَعُ قَالَ وَيُضَعَّفُ فِيهِ الصَّدَقَةُ

“Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’.” (Imam Asy Syafii, al-Umm, juz 1, hal. 239).

Baca juga : 7 Manfaat Sedekah Bagi Umat Muslim, Nomer 5 Paling Disukai

Dari Hadits tersebut sudah bisa diketahui betapa besarnya keutamaan melakukan sedekah di hari jumat. Apalagi bila bersedekah pada Jumat di pagi hari dan hari-hari lainnya, maka selain mendapat keutamaan yang berlipat ganda juga akan mendapatkan doa dari para malaikat.

Hal ini didasarkan pada hadits dari Abu Hurairah RA, berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

“Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua Malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak.” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah.” (HR Bukhari dan Muslim).

Karenanya jangan sampai terlewatkan melakukan sedekah disaat subuh. Lakukan secara rutin meski dengan jumlah yang tidak banyak. Hal ini juga akan membuka pintu rejeki dari Allah.

Caranya untuk dapat membuka pintu rejeki yakni setelah bersedekah, segera memanjatkan doa kepada allah, maka Malaikat juga akan mengaminkan doa kita.

Baca juga : Sedekah Sebagai Tanda Rasa Syukur Ketika mendapat Rezeki

Tinggalkan Balasan