Google Luncurkan Fitur Nearby Share untuk Pengguna Windows

JABAR EKSPRES- Google telah secara resmi meluncurkan salah satu fitur berbagi mereka yang disebut “Nearby Share” untuk pengguna perangkat dengan sistem operasi Windows, dengan tujuan mempermudah pengguna produk Android untuk berbagi data.

Dalam postingan di Blog Google, Ronald Ho, Manajer Produk Grup Android, menyatakan bahwa fitur ini telah diuji coba sejak Maret 2023 dan kini telah diunduh oleh lebih dari 1,7 juta pengguna di seluruh dunia, dengan lebih dari 50 juta data yang telah dibagikan antara perangkat PC dan Android.

Berdasarkan hasil ini, versi stabil dari “Nearby Share” untuk Windows resmi dirilis untuk membantu pengguna Android menjadi lebih produktif.

Baca juga:  Transformasi Digital Pendidikan Kabupaten HST dengan Google!

Selain itu, Google telah melakukan pembaruan untuk meningkatkan performa fitur ini, termasuk mengurangi tingkat kegagalan dan meningkatkan keberhasilan pengiriman data.

“Kami juga telah menambahkan waktu estimasi hingga data selesai dikirim. Ini sangat berguna ketika pengguna mengirim data berukuran besar seperti video atau dokumen yang besar, sehingga pengguna dapat melihat kecepatan proses pembagian datanya,” ucap Ronald yang dikutip dari blog pada Selasa (19/7).

Baca juga:  Google Sedang Uji Coba AI untuk Buat Backgroud di GMeet

Google juga membawa pembaruan lain dengan memberikan pratinjau berupa gambar sebagai notifikasi di perangkat, sehingga pengguna dapat melihat apakah data yang akan dikirimkan sudah benar sebelum melakukan proses pengiriman.

Untuk mereka yang tertarik menggunakan fitur “Nearby Share for Windows”, kini dapat mengunduhnya di situs web Android.com. Namun, perangkat Windows yang ingin memanfaatkan fitur ini harus memiliki spesifikasi dengan sistem operasi Windows 10 versi 64-bit atau lebih tinggi, dilengkapi dengan akses Bluetooth dan Wi-Fi. Harap dicatat bahwa layanan ini tidak tersedia untuk perangkat ARM.

Setelah mengunduh fitur ini, pengguna perlu diingatkan bahwa untuk melakukan transfer data antara perangkat Android dan Windows, keduanya harus berada dalam jarak maksimum 5 meter agar proses pengiriman berhasil.

Tinggalkan Balasan