Curug Ciputrawangi Sumedang Tawarkan Wisata Alam Kekinian

JABAR EKSPRES – Objek wisata alam curug Ciputrawangi yang berlokasi di Dusun Ciloa Rt 13 Rw 3 Desa Narimbang Kecamatan Conggeang Kabupaten Sumedang, kini telah mengalami perubahan yang layak untuk dikunjungi.

Terutama, bagi yang menyukai suasana alam kaki pegunungan, air curug yang jernih, serta spot-spot perkemahan yang aman dan nyaman.

Salah seorang pengelola, Pak Olot Oni (54) mengatakan bahwa di Curug Ciputrawangi ini sebenarnya ada dua pengunjung yang berdatangan, yakni mereka yang ingin bermain di curug dan mereka yang hendak melaksanakan pendakian ke puncak Gunung Tampomas.

BACA JUGA: Wisata Alam Curug Ciputrawangi Kini Sudah Bisa Diakses Menggunkaan Mobil

“Biasanya itu, kalau biaya. Yang masuk ke sini hanya di tiket 5 ribu per orang, kalau pendaki yang titip kendaraan itu 10 ribu per orang saja,” Terang Olot Oni kepada Jabar Ekspres, Jum’at 21 Juli 2023, di lokasi.

Bebas, lanjutnya, bagi para pendaki yang menitipkan kendaraanya mau satu atau beberapa malam juga tetap 10 ribu. Yang mau kemah di Curug juga sama hanya 5 ribu.

Sedangkan untuk Curug Ciputrawangi sendiri, kini telah di bangun ‘Ciputrawangi Garden’ yang memiliki lokal tersendiri. Di sana, pengunjung dapat menikmati fasilitas bermain air yang di desain seperti kebun kurcaci, lengkap dengan kuncir air tiruan seperti ciri khasnya negara belanda.

“Konsepnya, ya menyesuaikan saja dan seadanya, kalau orang anggap ini mirip konsep apa atau apa itu mangga (silahkan) bebas. Awalnya ini buat tempat selfy, foto-foto, terus kalau anak-anak main air, di sini lebih di kondisikan untuk areal bermainya” Ucap Olot Oni,

Selain itu, terdapat area perkemahan dengan kapasitas sekitar 20 hingga 25 tenda. 1 bangunan pendopo ukuran sekitar 4×5 meter dan lahan lapang yang biasa dipergunakan untuk api ungun.

“Jadi kalau ada sekolah, acara pramuka atau yang kemping sengaja itu biasanya suka bikin api ungun di tengah-tengah lapang tersebut. Beberapa meter di depan bangunan pendopo itu, terus tenda biasanya suka keliling area.” Jelasnya,

Berjejer juga beberapa kaplingan pedagang yang menjajakan makanan ringan hingga makanan berat seperti nasi liwet dan yang lainya.

Tinggalkan Balasan