Pemkot Cimahi Resmikan Sistem Layanan Elektronik Terpadu Bernama Lapakami

CIMAHI, JABAR EKSPRES – Dalam rangka mendorong penerapan reformasi birokrasi tematik dan pengembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi melalui optimalisasi berbagai layanan publik, Pemkot Cimahi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Cimahi mengintegrasikan beberapa aplikasi layanan masyarakat di Kecamatan dan Kelurahan ke dalam satu aplikasi, bernama Lapakami.

Launching Lapakami dilaksanakan secara hibrid baik secara offline dan juga secara daring melalui zoom dan youtube pada hari Kamis (20/07/2023), di Aula Gedung A, Kota Cimahi. Peresmian itu dan dihadiri oleh perwakilan unsur perangkat daerah, para Ketua RW dan Ketua RT se-Kota Cimahi, LPM dan para operator pelayanan di kecamatan dan kelurahan.

“Layanan Publik Kecamatan Kelurahan Kota Cimahi (Lapakami) adalah satu aplikasi yang menyatukan atau mengintegrasikan beberapa aplikasi layanan publik di Kecamatan dan Kelurahan yang berfungsi untuk memberikan layanan pembuatan administrasi warga seperti surat keterangan dan layanan administrasi lainnya secara online,” kata Pj Wali Kota Cimahi, Dikdik S. Nugrahawan.

BACA JUGA: Ranting Emas, Strategi Pemkot Cimahi dalam Menekan Angka Stunting dengan Kolaborasi Pentahelix

Selama ini, layanan masyarakat di kecamatan dan kelurahan menggunakan aplikasi yang berbeda beda namun mempunyai fungsi yang sama, yaitu Simpelmas, Syantik, Sapakat dan Simkel (Simtem Informasi Manajemen Kelurahan). Kedepan, dengan diluncurkanya Lapakami, masyarakat nantinya hanya akan mengenal satu aplikasi pelayanan kecamatan dan kelurahan dengan menggunakan TTE (Tanda Tangan Elektronik) untuk produk layanannya.

“Pelayanan online yang terintegrasi dengan berbasis aplikasi perlu kita sediakan untuk menjawab tuntutan masyarakat dan juga kebermanfaatan yang optimal perlu dilakukan oleh Pemerintah Kota Cimahi melalui efisiensi dan penyederhanaan proses dan birokrasi,” kata dia.

“InsyaAllah, outcome dari kegiatan ini akan memberikan dampak yang positif dalam rangka peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan publik dan kebahagiaan kepada masyarakat,” tambahnya.

Lebih lanjut, Dikdik mengungkapkan perasaan bangga dan senang karena dengan launching Lapakami ini, masyarakat dapat semakin mudah dan cepat mendapatkan pelayanan dan bisa dilakukan dimana dan kapan saja, salah satunya yakni pengurusan administrasi yang selama ini dibutuhkan oleh masyarakat terkait dengan layanan-layanan yang ada di kecamatan dan kelurahan di Kota Cimahi. Kini, semuanya sudah tersusun dan bisa langsung dimanfaatkan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan