Meme Kota Bandung “Bersalju” di Tengah Tropis

JABAR EKSPRES – Bandung baru-baru ini, warganet dihebohkan dengan beredarnya foto-foto menakjubkan yang memperlihatkan Kota Bandung, Jawa Barat, tertutupi oleh lapisan salju! Kabar ini segera menjadi viral di media sosial setelah diunggah oleh akun Twitter @txtdaribandung, dan segera menarik perhatian ribuan netizen.

Dalam foto-foto tersebut, kita dapat melihat pemandangan tak biasa di Kota Bandung. Jalanan yang biasanya ramai oleh lalu-lintas kini tertutupi oleh selimut putih bersalju, begitu pula dengan pepohonan yang berada di daerah Kopo dan Stasiun Bandung. Fenomena alam ini memukau banyak orang dan membuat banyak yang bertanya-tanya apakah Bandung benar-benar sedang bersalju.

Di lansir dari akun Twitter @infobandungkota, informasi menarik juga muncul dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Mereka menyatakan bahwa suhu di Bandung mencapai 16 derajat Celsius, mencatat rekor suhu terendah dalam beberapa waktu terakhir. Banyak yang percaya bahwa itulah yang menyebabkan munculnya salju di kota ini.

Baca juga : LRT Jabodebek Generasi Ke-3 Tanpa Masinis Siap Beroperasi Mulai 18 Agustus 2023!

Namun, setelah di lakukan penelusuran mendalam oleh para wartawan, fakta mengejutkan terungkap. Bandung, sebagai kota yang terletak di negara tropis Indonesia, sebenarnya tidak mungkin mengalami turunnya salju. Sebagai negara yang berada di garis khatulistiwa, Indonesia hanya memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan.

Salju terbentuk ketika uap air di langit membeku dan membentuk kristal-kristal salju. Hal ini terjadi pada suhu di bawah titik beku, yaitu 0 derajat Celsius. Oleh karena itu, kemungkinan besar foto-foto yang beredar merupakan hasil editan atau manipulasi.

Meskipun demikian, ada beberapa kondisi langka di mana salju bisa turun di wilayah Indonesia dengan beberapa syarat yang sangat sulit di penuhi. Fenomena ini terjadi sangat jarang dan biasanya hanya di dataran tinggi dengan elevasi yang sangat tinggi dan suhu yang ekstrem.

Sebagai kesimpulan, meskipun foto-foto Kota Bandung “bersalju” ini menarik perhatian banyak orang dan memberikan nuansa magis, faktanya tidaklah demikian. Kota Bandung yang indah tetaplah berada di tengah-tengah iklim tropisnya, dan salju tetap menjadi hal yang mustahil untuk di rasakan di kota ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan