Suka Main Catur? Ternyata Ada Manfaatnya untuk Kesehatan Otak! Ini Penjelasannya

JABAR EKSPRES –  Tidak hanya sekadar bermain-main, catur memiliki manfaat untuk kesehatan otak loh. Apa saja?

Main catur merupakan latihan bagi otak untuk mengasah keterampilan dalam membuat keputusan terbaik demi memenangkan permainan.

Ternyata, manfaat bermain catur tak berhenti di situ saja. Ini menjadi kunci bagi kemampuan mengambil keputusan dalam kehidupan sehari-hari.

Kita semua tahu betapa pentingnya mengambil keputusan dengan bijaksana dan memahami akibat dari tindakan yang diambil.

BACA JUGA: Pernah Minum Teh Hitam? Ternyata Banyak Manfaat untuk Kesehatan Loh! Ini Penjelasannya

Selain menjadi olahraga otak yang menyegarkan, bermain catur secara rutin juga memiliki dampak positif dalam mencegah penyakit demensia di usia tua.

Demensia, musuh yang merayap perlahan, dapat menyebabkan penurunan daya ingat, kesulitan berbicara, hingga masalah pada kemampuan motorik.

Selain catur, membaca buku dan mengisi teka-teki silang juga bisa menjadi olahraga otak untuk melawan risiko demensia.

Bermain catur bukan hanya soal gerak cepat, namun juga mengajarkan kesabaran. Permainan catur tidak bisa diakhiri dengan cepat, ini membutuhkan ketelitian dan kewaspadaan.

Para pemain catur belajar untuk berpikir secara hati-hati dan sabar, karena setiap langkah memiliki dampak besar pada hasil akhir permainan.

Ternyata, otak perlu istirahat sejenak sebelum membuat keputusan penting. Jeda tersebut adalah hiburan terbaik untuk kesehatan otak.

Catur bukan hanya menyegarkan otak saat ini, tetapi juga mengantisipasi masa depan. Bermain catur secara teratur dapat mengurangi risiko pikun saat kita menginjak usia tua.

Catur merangsang otak dan membuatnya tetap aktif, sehingga daya ingat dan kemampuan berpikir tak terkikis oleh usia.

Manfaat bermain catur tak hanya berhenti di situ. Bagi anak-anak yang terlibat dalam catur, mereka memiliki kesempatan untuk mengasah konsentrasi dan daya ingat sejak dini.

Bermain catur menuntut perhatian dan fokus yang kuat, kualitas ini akan menguntungkan mereka di berbagai situasi, termasuk di sekolah, tempat kerja, bahkan dalam situasi darurat.

Lebih dari sekadar permainan, bermain catur adalah seni membaca logika berpikir orang lain.

Ini adalah kegiatan yang menghubungkan orang satu dengan lainnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan