Kumpulan Meme Bandung Turun Salju, Efek Bandung Jadi Lebih Dingin

JABAR EKSPRES- Kota Bandung akhir-akhir ini menjadi lebih dingin, fenomena ini dirasakan oleh netizen di Twitter dan mengedit foto Kota Bandung yang dihujani oleh salju, yuk lihat foto-fotonya!

Fenomena Bandung jadi lebih dingin ini dikarenakan Bandung Raya sedang berada dipuncak musim kemarau, sehingga penurunan suhu di Bandung merupakan hal wajar.

Hal ini dijelasjkan oleh Ketua BMKG Bandung yakni Teguh Rahayu, dimana ia menjelaskan umum terjadi ketika suatu wilayah sedang ada di puncak musim kemarau.

“Suhu udara dingin belakangan merupakan fenomena alamiah yang umum terjadi ketika masa puncak kemarau pada Juli-Agustus,” kata Teguh.

Bandung menjadi lebih dingin dikarenakan pada musim kemarau, sinar matahari begitu menyengat pada siang hari karena tidak ada awan yang menghalanginya, sehingga permukaan bumi menyerap radiasi secara maksimal. Kemudian, saat malam tiba, bumi melepaskan kembali energi yang telah disimpan sejak siang hari.

Baca juga: Bandung Jadi Lebih Dingin! Ini Kata BMKG

Hal ini menyebabkan bumi mendingin dengan cepat. Tanpa ada awan yang menghalanginya, radiasi yang tertahan di permukaan bumi dilepaskan sepenuhnya saat malam hingga dini hari. Sebagai hasilnya, permukaan bumi dengan cepat menjadi sejuk karena kehilangan energi secara maksimal. Dampaknya adalah munculnya fenomena suhu sangat turun pada malam hingga dini hari.

Selain itu, ada faktor lain yang menyebabkan suhu di Bandung menjadi sejuk , yaitu adanya musim dingin di wilayah Australia. Pola tekanan udara yang tinggi di Australia mengakibatkan udara sejuk bergerak menuju Indonesia, yang lebih dikenal sebagai angin monsun Australia.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Bandung Hari Ini, Kamis, (20/7): Cerah

Karena dinginnya suhu di Bandung, banyak netizen yang mengunggah foto bahwasannya Bandung sedang turun salju. Berikut foto-fotonya.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan