Ini Alasan Mengapa Suhu di Bandung Akhir-Akhir ini Dingin, BMKG Ungkap Fenomena ini!

JABAR EKSPRES – Musim kemarau telah tiba di Bandung, dan ini alasan penyebab akhir-akhir ini alasan suhu dingin akan terus dirasakan hingga Agustus mendatang.

Kepala BMKG Stasiun Bandung, Teguh Rahayu, menjelaskan bahwa fenomena suhu dingin ini akan berlangsung hingga bulan tersebut. Baru pada awal September, suhu diperkirakan akan mulai menghangat kembali.

“Jadi, kita masih harus siap-siap dengan suhu yang dingin ini sampai Agustus 2023. Tapi jangan khawatir, nanti kita akan merasakan hangatnya lagi,” ungkap Rahayu dengan santai pada keterangannya, Rabu, 19 Juli 2023.

Baca Juga: 8 Cara Memasang Bulu Mata Palsu dengan Cepat!

Karena itu, bagi warga Bandung, disarankan untuk selalu siap dengan jaket tebal dan selimut, terutama saat malam dan dini hari. Pasalnya, itulah saat suhu dingin akan terasa lebih menyengat.

“Jadi, malam hari itu agak bikin kedinginan, ya. Pake jaket atau selimut bisa membantu mengurangi kedinginan dan juga jaga kesehatan, biar kita enggak terkena penyakit,” saran Rahayu dengan ramah.

Rahayu juga menjelaskan alasannya mengapa suhu di Bandung terasa lebih dingin pada malam hari. Menurutnya, saat siang hari, sinar matahari yang terik menyinari permukaan bumi tanpa hambatan awan, sehingga bumi menerima radiasi sinar matahari secara langsung.

“Tuh kan, siang hari itu panas banget, ya. Karena enggak ada awan yang ngeblok sinar matahari, bumi langsung terima radiasi yang penuh,” paparnya.

Namun, ketika malam tiba, bumi akan melepaskan kembali energi yang tersimpan sejak siang hari. Inilah yang menyebabkan suhu bumi secara cepat menjadi lebih dingin.

Baca Juga: 6 Cara Ampuh Mengatasi Kram Otot, Jangan Panik!

“Jadi, begitu malam datang, bumi melepaskan kembali energinya yang sudah dia simpan sejak siang tadi. Akibatnya, suhu di permukaan bumi langsung turun dengan cepat karena kehilangan energi,” jelas Rahayu.

Dengan penjelasan yang santai dan ramah, diharapkan warga Bandung akan lebih mengerti tentang fenomena suhu dingin ini dan bisa lebih siap menghadapinya. Selalu jaga kesehatan dan jangan lupa untuk selalu berpakaian hangat, ya!

Tinggalkan Balasan