Diet Asam Urat, Panduan Makan untuk Mengurangi Gejala dan Risikonya

JABAR EKSPRES — Asam urat adalah kondisi medis yang terjadi ketika kadar asam urat dalam tubuh meningkat. Kondisi ini dapat menyebabkan terbentuknya kristal asam urat di sendi dan jaringan tubuh, menyebabkan peradangan dan rasa nyeri yang intens. Diet berperan penting dalam mengelola asam urat, karena makanan tertentu dapat mempengaruhi kadar asam urat dalam tubuh. Berikut adalah panduan tentang diet asam urat untuk membantu mengurangi gejala dan risiko yang terkait dengan kondisi ini.

Kurangi Konsumsi Purin

Purin adalah senyawa alami yang ditemukan dalam makanan dan dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Makanan tinggi purin termasuk daging merah, daging organ (hati, ginjal), ikan berlemak (sarden, makarel, dan tuna), kerang, dan makanan olahan tertentu. Mengurangi konsumsi makanan kaya purin dapat membantu menurunkan kadar asam urat.

Pilih Sumber Protein Rendah Lemak

Protein adalah bagian penting dari diet, tetapi pilihlah sumber protein rendah lemak untuk mengelola asam urat. Pilihan yang baik termasuk daging tanpa lemak, ikan rendah lemak (seperti ikan salmon), dan makanan nabati seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.

BACA JUGA: Ternyata Beberapa Alasan Ini Bisa Menjadi Penyebab Pembekuan Darah!

Perbanyak Konsumsi Sayuran

Sayuran adalah bagian penting dari diet asam urat. Sayuran kaya serat seperti bayam, kubis, brokoli, dan kentang, dapat membantu menurunkan kadar asam urat dengan meningkatkan ekskresi asam urat melalui urine.

Minum Banyak Air

Minum banyak air membantu mengencerkan urin dan meningkatkan eliminasi asam urat dari tubuh. Sangat disarankan untuk minum setidaknya 8 gelas air per hari.

Batasi Alkohol dan Minuman Manis

Alkohol dapat mempengaruhi pemrosesan asam urat dalam tubuh, sehingga meningkatkan risiko peningkatan kadar asam urat. Minuman manis, terutama yang mengandung fruktosa, juga diketahui dapat meningkatkan kadar asam urat. Batasi atau hindari konsumsi alkohol dan minuman manis untuk mengelola asam urat.

Kurangi Konsumsi Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula seperti kue, permen, dan minuman manis lainnya dapat meningkatkan kadar asam urat dan meningkatkan risiko obesitas, yang juga berhubungan dengan asam urat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan