Aksi Bebersih Sampah di Kali Krukut Timbulkan Masalah Baru, Jadi Tanggung Jawab DLKH Kota Depok?

JABAR EKSPRES – Ramai-ramai aksi bebersih sampah di media sosial memang sedang hype dikalangan masyarakat. Pada Rabu, 19 Juli 2023 di Kali Krukut sempat melaksanakan bebersih sampah di sekitar Kali Krukut, Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo, Depok, Jawa Barat sepanjang 217 meter.

Aksi yang melibatkan sekitar 100 orang warga tersebut sayangnya menimbulkan masalah baru. Puluhan tumpukan sampah sisa kegiatan bersih-bersih bertumpuk di sisi kali, dibungkus dengan plastik hitam.

Menurut Lurah Krukut, Limo, Jamaludin sampah yang telah dibungkus sudah menjadi tanggung jawab Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok.

BACA JUGA: Tok! Ayah Pembunuh Anak di Kota Depok Resmi Divonis Hukuman Mati

“Yang mengangkut DLKH,” kata Jamaludin.

Kegiatan tersebut menurutnya sebagai upaya membersihkan sampah di kali Krukut, karena kawasan kali penuh dengan sampah dan pohon liar. Namun menurutnya upaya kerja bakti yang dilakukan hanya 217 meter.

“217 meter kurang lebih,” tukas Jamaludin.

BACA JUGA: Sempat Dibuka Paksa, Daop 1 Jakarta Berhasil Tutup Kembali Perlintasan Liar di KM 35+4/5 Lintas Depok-Citayam

Namun berdasarkan pantauan JabarEkspres,com pada Kamis, 20 Juli 2023, sampah sisa kerja bakti tidak diangkut DLHK, sampah dibiarkan menumpuk di sisi kali.

Sebelumnya, kelompok pemuda pelestari lingkungan ini bersama sejumlah pihak mengangkut sampah di Kali Krukut, Limo, Depok.

Mereka berkumpul mengangkut sampah yang menyumbat aliran Kali Krukut, yang tepatnya di depan SDN O3 Krukut.

Sekitar pukul 09.30 WIB, tampak sejumlah orang mulai mengangkut sampah yang menyumbat aliran kali. Sampah-sampah yang dikumpulkan didominasi sampah plastik dan styrofoam. (Mg10)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan