1 ABK Bunga Jaya Berhasil Ditemukan, Sempat Hilang Akibat Tenggelam di Perairan Cirebon

JABAR EKSPRES – Satu ABK (Anak Buah Kapal) dari 13 penumpang Kapal Bunga Jaya dari yang hilang karena tenggelam di perairan Cirebon, Jawa Barat pada Selasa 18 Juli 2023 berhasil ditemukan. Sebelumnya, Tim SAR gabungan melakukan penyelamatan terhadap 12 penumpang.

Kepala Seksi Operasi SAR, Supriyono, menjelaskan bahwa satu ABK yang sempat dilaporkan hilang kini ditemukan nelayan di TPI Karangreja, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon. Selama proses evakuasi korban, Tim SAR dibantu oleh sejumlah pihak seperti LANAL, POLARIUD, dan masih banyak lagi.

Lebih lanjut, Supriyono mengatakan bahwa pada operasi SAR hari ketiga kecelakaan perahu nelayan pihaknya terlebih dahulu membaca peta dari titik kejadian kemudian melakukan penyelamatan.

BACA JUGA: Kapal Nelayan Terbalik saat Berlayar di Cirebon, 1 ABK Hilang Masih dalam Pencarian Tim SAR Gabungan

“Operasi SAR hari ketiga kecelakaan perahu nelayan sebelum melakukan penyelamatan, kami lebih dulu membaca peta dari titik kejadian,” kata Supriyono, dikutip JabarEkspres.com pada Kamis, 20 Juli 2023.

Sebagai informasi, satu orang ABK yang hilang akhirnya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia atas nama Haris (50) warga Kota Depok, Jawa Barat.

BACA JUGA:

“Perahu nelayan terbalik atau tenggelam di pintu muara, penumpang jumlahnya 13, sebanyak 12 penumpang selamat dan satu orang masih dalam pencarian,” katanya.

Pencarian terhadap satu ABK tersebut dilakukan sejak pagi hari dengan menggunakan perahu karet dengan menyisir ke Arah Barat dari lokasi kejadian.

“Perhitungan kami, pergeseran objek yang kita cari mengarah ke barat,” lanjutnya.

Menjelang siang hari, satu orang ABK yang hilang akhirnya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia Kamis, 20 Juli 2023 di perairan Karangreja, Kabupaten Cirebon. Selama melakukan pencarian, Tim SAR mengerahkan 4 buah perahu karet, menyisir pantai hingga keluar pesisir pantai.

Setelah ditemukan, korban kemudian dibawa ke rumah sakit Gunung Jati Cirebon untuk dilakukn proses otopsi. Diduga, kapal nelayan Bunga Jaya yang tenggelam hendak menuju ke darat, namun terhalang kondisi cuaca semakin parah mengakibatkan kapal terbalik dan mengalami kebocoran. (Mg7)

Caption : Satu korban ABK Bunga Jaya tenggelam di perairan Cirebon ditemukan. (Dok Tim SAR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan