Sambut Tahun Baru Islam 1445 H, Warga Sumedang Gelar Lomba Da’i Cilik

JABAR EKSPRES – Dalam rangka peringatan tahun baru islam 1 Muharam 1445 H, warga Dusun Warung Asem RT 13, 14, dan RT 18, Rw 05 Desa Tanjungmekar Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang, gelar berbagai perlombaan antar pelajar, Rabu, 19 Juli 2023.

Tercatat sekitar 80 peserta yang mengikuti 4 perlombaan, diantaranya lomba adzan, mewarnai, menggambar dan da’i cilik. Peserta terdiri dari anak-anak mulai usia TK dan SD.

BACA JUGA: Peringati Tahun Baru Islam 1445 Hijriah, Masyarakat Kebonpedes Sukabumi Gelar Pawai Obor

Kepala Dusun Agus Kusnadi menyampaikan bahwa kegiatan tersebut telah berlangsung sejak sekitar 2 hari kebelakang, malam ini merupakan malam puncak.

“Malam ini merupakan malam puncak acara, selain pembagian hadiah, juga kami mengundang penceramah Kiai Dudung Abdullah yang juga sebagai pimpinan ponpes asy syatibiyyah Sumedang,” Ucap Agus kepada Jabar Ekspres, Rabu 19 Juli 2023 sekitar jam 20.15 Wib.

Selanjutnya, Agus mengatakan bahwa kegiatan ini bermaksud mengedukasi anak agar tidak pasif tetapi aktif sesuai dengan alam pikirannya yang masih anak-anak.

“Menggores garis-garis di atas kertas putih kosong, sesuai dengan ide yang dituangkan atau sesuai dengan apa yang diinginkan, setidak-tidaknya anak diajak untuk melatih psikomotorik yang terkait dengan kognitif dan afektifnya,” Katanya

Kemudian, tambah Agus, acara ini bertujuan untuk berpartisipasi dalam membentuk generasi robbani yang memiliki nilai-nilai Qur’ani.

“Selain itu, menjalin Ukhuwah Islam dan membentuk kepribadian anak yang berani dan berkompetisi secara sportif, belajar mengambil keputusan sendiri, dan belajar bersabar bahwa kemenangan itu memerlukan proses,” Tandasnya.

Acara tablig sekaligus pembagian hadiah dilaksanakan di masjid Al-Ikhlas Warung Asem.

Sementara itu, pemenang lomba da’i cilik juara 1 Syarifa, mengungkapkan rasa senangnya.

“Alhamdulillah, gak nyangka bisa juara 1, alhamdulillah pokonya,” Ungkapnya dengan riang.

BACA JUGA: Berhadiah Fantastis, Piala Presiden Esports 2023 Resmi Dimulai!

“Oh materinya itu tentang hikmah muharam. Kalau cita-cita maunya juara internasional dakwah Islam,” Harap Syarifa.

Demikian, puncak acara tersebut diikuti oleh ratusan warga yang terdiri dari 3 RT, anak-anak maupun orang tuanya terlihat antisias dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Sedangkan acara direncanakan akan selesai sekitar jam 23.00 WIB. (Mg11)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan