Akibat Kebakaran, Perhiasan Emas 82 Gram dan Uang Rp12 Juta Milik Warga di Sumedang Nyaris Habis Terbakar

JABAR EKSPRES – Sebanyak 82 gram emas dan uang senilai Rp12 Juta milik Mak Emah (82), korban kebakaran di Dusun Sukajaya RT 2 RW 7, Desa Pawenang, Kecamatan Jatinunggal, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat akhirnya ditemukan pada Rabu 19 Juli 2023.

Namun nahas, kondisi uang dan emas berupa perhiasan tersebut ditemukan dalam keadaan hangus terbakar. Uang yang semula bernilai Rp12 Juta, sekira Rp8 Juta ditemukan sudah berupa abu. Jadi, hanya tinggal sekira Rp4 Juta.

Kepala Desa Pawenang, Dede Tahya membenarkan atas ditemukanya emas dan uang milik Mak Emah, warga Kecamatan Jatinunggal, Kabupaten Sumedang yang rumahnya mengalami kebakaran tersebut.

BACA JUGA: Diduga Akibat Korsleting Listrik, Rumah Beserta Seluruh Isinya Milik Warga Sumedang Hangus Terbakar

“Iya, Alhamdulillah untuk perhiasan emas sudah dapat ditemukan, tetapi dalam keadaan gosong,” kata Dede Tahya kepada JabarEkspres.com pada Rabu, 19 Juli 2023.

Sedangkan untuk uangnya, lanjut Dede, hanya ditemukan sekitar Rp4 jutaan. Namun, dengan kondisi yang sudah terbakar di bagian pinggirannya.

“Kami berharap untuk uang bisa ditukarkan ke Bank dengan yang baru. Begitu juga dengan perhiasan emasnya,” kata Dede.

BACA JUGA: Dandim 0610/Sumedang Kunjungi Koramil 1004/Tanjungsari, Sekaligus Tinjau UMKM Unggulan

Sementara ini, Mak Emeh telah dibawa oleh sanak saudaranya untuk tinggal di sana.

“Ya untuk sementara Mak Emeh tinggal bersama saudaranya,” Ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, rumah Mak Emeh ludes terbakar akibat api diduga berasal dari korsleting listrik pada Selasa, 18 Juli 2023 sekitar pukul 18.50 Wib.

Sebagai informasi, spi berhasil dipadamkan oleh tim sekira pukul 19.45 WIB, dengan melibatkan pemerintahan Desa Pawenang beserta masyarakat sekitar dibantu personil Polsek Jatinunggal, Koramil Jatinunggal, petugas kebakaran dari UPT Damkar Darmaraja, dan Pusdalops BPBD Kabupaten Sumedang. (mg11)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan