Jangan Abaikan Benjolan, Jangan-jangan Tumor Kelenjar Getah Bening Seperti yang Dialami Siti Badriah, Begini Gejalanya

JABAR EKSPRES – Kabar mengejutkan terdengar dari pedangdut Siti Badriah atau Sibad. Beberapa waktu lalu dia membagikan kisahnya yang harus melawan penyakit tumor kelenjar getah bening, hingga harus menjalani operasi.

Tumor kelenjar getah bening yang dialami Siti Badriah berawal dari benjolan kecil yang hanya seperti jerawat di ketiak kanannya. Sibad berfikir hanya jerawat yang akan hilang dengan sendirinya, sehingga mengabaikannya karena disangka tidak berbahaya.

Namun setelah beberapa waktu ternyata benjolan tersebut semakin membesar hingga sebesar kepalan tangannya. karena sudah dirasa mengganggunya, hingga akhirnya dia memeriksakannya ke dokter dan mendapati bahwa benjolan tersebut merupakan tumor kelenjar getah bening.

“Namun, benjolan tersebut semakin membesar dari waktu ke waktu. Saat mencapai ukuran besar, saya sudah tidak tahan lagi. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk pergi ke dokter,” ujar Siti Badriah, pada hari Senin (17/7)

Baca juga : Sempat Sepelekan Benjolan di Ketiak, Siti Badriah Malah Terkena Tumor Getah Bening!

Dari hasil pemeriksaan tersebut akhirnya Sibad menuruti saran dokter untuk dilakukan operasi pengangkatan, agar tidak akan tumbuh lagi dari sisa tumor yang ada. Operasi hanya dijalani selama 30 menit dengan proses pemulihan selama 3 hari.

Kini Sibad sudah bisa tenang karena dari hasil pemeriksaan terakhir sudah menunjukkan tumor kelenjar getah bening di ketiaknya sudah bersih.

Namun seperti apa ciri-ciri dan gejala tumor kelenjar getah bening yang bisa dideteksi secara umum, mengingat dari kasus Sibad, gejala awalnya hanya berupa bejolan kecil seperti jerawat saja.

Dilansir dari laman Alodokter, kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem limfatik yang berfungsi untuk melawan kuman, virus, dan parasit penyebab infeksi, membasmi sel kanker, serta menghancurkan zat beracun yang masuk ke dalam tubuh.

Kelenjar getah bening ini tersebar di berbagai bagian tubuh, seperti leher, ketiak, dada, dan lipatan paha.

Kelenjar getah bening terkadang juga dapat terserang penyakit seperti infeksi dan kanker /tumor getah bening

Baca juga : Cara Cek Penyebab Kelenjar Getah Bening Tumor atau Bukan, Penyakit yang Dialami Siti Badriah

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan