Presiden RI Lantik Budi Arie Setiadi Sebagai Menkominfo Baru

JABAR EKSPRES – Budi Arie Setiadi resmi diangkat menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo. Pengangkatan tersebut dilakukan di Istana Negara, Jakarta pada Senin, 17 Juli 2023.

Pelantikan Budi Arie Setiadi sebagai Menkominfo yang baru diasaskan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia (Kepres RI) No. 62/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Meneteri Komunikasi dan Informatika Kabiner Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Selain melantik Menkominfo, Presiden RI itu juga melantik 5 Wakil Menteri (Wamen) yang bakal mengisi kursi Kabinet Indonesia Maju untuk sisa jabatan hingga tahun 2024 nantinya.

BACA JUGA: Profil Budi Arie Setiadi yang Sudah Dilantik sebagai Menkominfo

Berikut 5 wakil menteri yang dilantik oleh Presiden RI berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Kepres RI) No. 32/M Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

  1. Nezar Patria sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo).
  2. Pahala Nugraha Mansury sebagai Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu).
  3. Paiman Raharjo sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDT).
  4. Rosan Perkasa Roeslani sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (Wamen BUMN).
  5. Saiful Rahmat sebagai Wakil Menteri Agama (Wamenag).

BACA JUGA: Jokowi Perintahkan Budi Arie Selesaikan Proyek Menara BTS

Setelah melakukan pengankatan, Menkominfo dan 5 wamen membacakan sumpah jabatan. Sumpah ini akan menjadi beban mereka untuk bekerja dengan baik hingga sisa periode tahun 2019-2024 ini habis.

“Saya bersumpah/berjanji bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Presiden RI mendiktekan sumpah jabatan.

Patut dinantikan bagaimana kiprah Budi Arie Setiadi selaku Menkominfo Kabinet Indonesia Maju ini. Akankah ada gebrakan baru yang dilakukannya? (Fizh)

BACA JUGA: Sistem Pemilu Proporsional Tertutup Ditolak MK

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan