Piala Dunia Wanita FIFA 2023, Timnas Putri Indonesia Mewujudkan Mimpinya di Tanah Kanguru?

JABAR EKSPRES – Piala Dunia Wanita FIFA 2023 segera memikat hati pecinta sepak bola di Selandia Baru dan Australia. Tidak hanya itu, Indonesia juga mengirimkan wakilnya untuk turut meramaikan turnamen prestisius ini.

Pesta sepak bola dunia bagi kaum perempuan akan berlangsung mulai dari tanggal 20 Juli hingga 20 Agustus 2023. Sebanyak 32 negara akan berlaga dalam ajang ini, dengan 20 di antaranya juga berpartisipasi pada edisi sebelumnya pada tahun 2019.

Dari kawasan AFC, enam negara akan berlaga, termasuk tuan rumah Australia. Selain itu, China, Jepang, dan Korea Selatan juga tercatat sebagai negara-negara dengan peringkat teratas di AFC.

Baca juga : Seleksi Pemain! PSSI Berburu Timnas Ajaib Menuju Piala Dunia U-17 2023!

Tak hanya itu, dua negara tetangga Indonesia, Vietnam dan Filipina, juga akan membuat debut mereka di Piala Dunia Wanita. Tim nasional wanita dari kedua negara tersebut berada di peringkat ke-32 dan ke-46 menurut FIFA.

Indonesia sendiri tetap mengirimkan perwakilan, termasuk melalui seorang sukarelawan. Sebanyak 5.000 sukarelawan terpilih dari 40 negara yang akan membantu dalam menyukseskan acara tersebut. Salah satu nama yang mewakili Indonesia adalah Vidyah Payapo.

Vidyah terpilih sebagai sukarelawan untuk Venue Transport di kota Adelaide, Australia. Ia mendapatkan kesempatan istimewa menjadi sukarelawan untuk upacara sebelum pertandingan antara Brasil dan Panama.

Wanita kelahiran Ambon yang berusia 32 tahun ini berhasil mengalahkan puluhan ribu pendaftar lainnya untuk Piala Dunia Wanita 2023. Vidyah melalui berbagai tahapan seleksi, mulai dari pendaftaran, seleksi berkas secara online, wawancara online, pelatihan online, hingga akhirnya terpilih dan mengikuti pelatihan tatap muka perdana di Adelaide pada tanggal 15 Juli 2023.

Menjadi sukarelawan dalam kegiatan FIFA bukanlah hal baru bagi Vidyah. Ia sebelumnya telah menjadi pencetus sukarelawan Piala Dunia pertama dari Indonesia pada ajang FIFA World Cup 2014 di Brasil. Setelah 9 tahun, Vidyah kembali membuka pintu bagi sukarelawan Indonesia di ajang Piala Dunia Wanita FIFA.

Di Adelaide, Vidyah akan bertanggung jawab dalam mengatur transportasi para pemain, keluarga pemain, organisasi FIFA, dan para tamu VVIP. Tentu saja, Vidyah juga akan menyempatkan waktu untuk menyaksikan salah satu pertandingan timnas favoritnya, Brasil.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan