Cek Hp Mu Sekarang! Berikut Daftar Aplikasi di Google Play Store Bobol Rekening Bank!

JABAR EKSPRES – Masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai aplikasi Android yang berpotensi menguras Atau membobol isi rekening. Baru-baru ini, ditemukan adanya malware SpinOK dalam sejumlah aplikasi, yang tidak hanya dapat mencuri file pengguna, tetapi juga mengganti konten di clipboard mereka. Berikut Daftar aplikasi yang perlu di waspadai yang bisa bobol rekening yang ada di play store.

Bahaya ini terungkap setelah Tim Keamanan CloudSEK berhasil menemukan sedikitnya 193 aplikasi yang telah terinfeksi. Dalam temuan mereka, 43 daftar aplikasi bobol rekening tersebut masih aktif di Google Play Store hingga beberapa minggu yang lalu.

Malware ini menyebar melalui serangan rantai pasokan SDK yang menginfeksi banyak aplikasi sekaligus. SpinOK biasanya menyusup melalui aplikasi yang menawarkan mini-game menarik. Namun, di balik hadiah harian yang menarik, mini-game ini secara diam-diam mencuri file pengguna di latar belakang.

Baca juga : Warganet Terkena Serangan Hack Setelah Mengunduh Aplikasi Threads Palsu!

SpinOK pertama kali ditemukan oleh tim keamanan Dr.Web belum lama ini. Diperkirakan ada ratusan aplikasi yang telah diunduh lebih dari 421 juta kali dan terinfeksi oleh malware ini.

Setelah itu, CloudSEK menggunakan Indikator Kompromi (IoC) yang tercantum dalam laporan Dr.Web. Hasilnya, mereka berhasil menemukan 92 aplikasi tambahan yang telah terinfeksi, sehingga jumlah totalnya mencapai 193 aplikasi berbahaya. Lebih dari setengah dari jumlah tersebut ternyata masih tersedia di Google Play Store.

Google sendiri telah mengonfirmasi bahwa mereka telah memeriksa laporan terbaru tentang SDK SpinOK ini. Mereka juga telah mengambil tindakan terhadap ratusan aplikasi berbahaya yang melanggar kebijakan mereka.

“Para pengguna dilindungi oleh Google Play Protect yang memberikan peringatan kepada pengguna tentang aplikasi yang diketahui memiliki perilaku berbahaya pada perangkat Android dengan Google Play, bahkan termasuk aplikasi yang berasal dari sumber lain,” jelas pernyataan dari Google yang dikutip oleh Bleeping Computer pada Minggu (16/7/2023).

Malware adalah program jahat yang dapat mencuri data pribadi pengguna, memantau aktivitas ponsel pintar, dan mengintip informasi sensitif. Semua data ini dapat disalahgunakan untuk meretas rekening bank Anda.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan