Doa Anak Masuk Pondok Pesantren, Agar Orang Tua Tenang dan Anak Betah

JABAR EKSPRES – Memasuki tahun ajaran baru kali ini, banyak orang tua yang memilih pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan bagi putra dan putrinya. Ada doa yang bisa dipanjatkan orang tua saat anaknya mulai masuk pondok pesantren.

Doa ini merupakan rangkaian permohonan yang ditujukan pada Allah, agar anak-anak yang sedang menuntut ilmu menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah, betah dan mendapatkan lingkungan yang nyaman untuk belajar.

Doa anak masuk pesantren ini dianjurkan untuk dibacakan oleh orang tua yang masih berat menyerahkan anak-anaknya di Pondok Pesantren, terutama beberapa waktu terakhir banyak berita tentang pondok pesantren yang tidak amanah, bahkan diduga sesat.

Saat pertama berpisah dengan anak-anak karena harus mondok tentu akan membuat orang tua sedih karena masih khawatir. Namun dengan doa ini, akan membuat orang tua dan anak menajdi lebih tenang.

Baca juga : Doa Memasuki Tahun Baru Islam 1445 H, Agar Terlindungi dari Gangguan Setan

Karena menyerahakan penjagaan kepada Allah yang merupakan sebagik-baik penolong dan penjaga. Dengan begitu orang tua tidak akan khawatir, sehingga anak-anak juga menajdi tenang dalam menuntut ilmu.

Biasanya orang tua akan mulai memondokkan anaknya diusia remaja atau usia belasan, yakni setelah lulus SD atau SMP. Hal ini juga sesuai dengan ilmu parenting islami yang membagi pola pengasuhan sesuai dengan umur.

Dimana dibawah 7 tahun anak harus diasuh oleh orang tua untuk meningkatkan bonding, diatas tujuh tahun anak semakin membutuhkan orang tuanya karena pergaulannya menjadi lebih luas yakni hingga ke lingkungan sekitarnya.

Sedangnya diatas 10 tahun anak harus sudah mulai berlatih untuk mandiri dalam banyak hal, hal ini sesuai dengan pengajaran di pesantren, yang mengharuskan dia terlepas dari pengasuhan orang tua, dan melakukan banyak banyak hal sendiri terutama untuk keperluannya sendiri.

Berikut beberapa doa yang bisa dipanjatkan bagi ornag tua yang anaknya di pondok pesantren.

Baca juga : Dukung Kemajuan Pondok Pesantren, Kini Ponpes Didorong untuk Lakukan Hal ini

1.  Memohon lingkungan yang aman dan ketauhidan

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan