Pendidikan Gratis di Sekolah Swasta, Upaya Pemkot Bekasi Cegah Putus Sekolah

JABAR EKSPRES – Pendaftaran sekolah negeri telah berakhir dengan diumumkannya hasil PPDB. Untuk orangtua yang anaknya tidak berhasil lolos ke sekolah negeri, maka sekolah swasta adalah jalan alternatif yang harus ditempuh. Kondisi ini disinyalir dapat memunculkan siswa putus sekolah.

Plt Wali Kota Bekasi, Tri Ardhianto menjawab persoalan tersebut. Dia mengatakan bahwa setiap anak di Kota Bekasi harus memenuhi haknya untuk mendapatkan pendidikan.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi hadir dengan program pembiayaan pendidikan di sekolah swasta untuk jenjang SD dan SMP, terkhusus untuk peserta didik yang berprestasi dan tidak mampu.

BACA JUGA: UCIC Cirebon Luncurkan Program Penguatan Kapasitas ORMAWA, Bangun Desa Mandiri Cerdas Berteknologi

“Pemkot Bekasi hadir untuk memfasilitasi dan memastikan seluruh anak-anak dapat terpenuhi hak pendidikannya. Orangtua tidak perlu khawatir soal biaya sekolah, pendaftaranya bisa langsung ke Kantor Dinas Pendidikan Kota Bekasi,” ujar Tri Ardhianto.

Diharapkan, program ini nantinya dapat memberantas kasus anak putus sekolah di Kota Bekasi akibat tidak berhasil masuk ke sekolah negeri.

“Kita tidak mau ada siswa yang putus sekolah, karena Pemkot Bekasi juga memberikan bantuan untuk sekolah Swasta, jadi mereka juga harus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan, tidak ada yg dibedakan,” katanya.

BACA JUGA: UAS dengan Syekh dari Mesir, Mahasiswa BSA UIN SGD Bandung: Dag Dig Dug Ser!

Berikut rincian alokasi bantuan yang akan diberikan Kota Bekasi.

  1. BOSP [APBN]: 1.190.000 per tahun.
  2. BOSDA [APBD]: 25.000 per siswa per bulan.
  3. BSM [APBD]: 150.000 per siswa per bulan.

“Artinya jika di gabung, biaya sekolah di swasta perbulan sudah dapat subsidi sekitar 275.000 perbulan. Dinas Pendidikan saat ini sudah kerjasama dengan 109 sekolah swasta yang biaya pendidikanya perbulan kurang dari 300.000 untuk dapat menampung siswa yang tidak lolos di sekolah negeri,” ucap Uu Saeful Mikdar, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi. (Fizh)

BACA JUGA: Viral! Mahasiswa Magang Protes Minta Naik Gaji: Anak Magang Bukan Buruh Gratis

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan