Ini Dia Fitur TikTok Music yang Baru Rilis di Indonesia dan Brazil

JABAR EKSPRES- TikTok telah meluncurkan aplikasi streaming musik bernama TikTok Music di Indonesia dan Brasil sejak 6 Juli. Layanan ini menggantikan Resso, platform serupa yang dimiliki oleh induk perusahaan TikTok, ByteDance, yang akan ditutup pada 5 September. TikTok Music menjadi pesaing bagi platform streaming musik yang sudah mapan seperti Spotify dan Apple Music.

Apa keunggulan yang ditawarkan oleh TikTok Music dibandingkan dengan platform lainnya? Desain antarmuka TikTok Music mirip dengan Resso, namun dengan tampilan yang lebih sederhana dan premium, terutama pada halaman utama.

Mirip dengan Resso, TikTok Music menawarkan pengalaman mirip media sosial dengan fitur seperti komentar, menyukai, dan berbagi lagu. Meskipun Spotify dan Apple Music memungkinkan pengguna untuk menyukai lagu, mereka tidak menampilkan total jumlah pengguna yang menyukai layaknya fitur “like” di media sosial.

Baca juga: Coba Sekarang! Ini 5 Aplikasi Penghasil Uang yang Aman dan Terbukti Membayar

Seperti halaman rekomendasi “For You Page” di TikTok, beranda TikTok Music berisi daftar lagu yang disukai pengguna. Pengguna dapat menggulir ke atas atau ke bawah seperti saat menjelajahi “For You Page” di TikTok.

Pengguna juga akan menemukan berbagai rekomendasi lagu yang sedang viral di TikTok dalam daftar tangga lagu yang sudah disusun otomatis di menu “Explore”.

Fitur-fitur seperti itu tidak ditemukan pada platform streaming musik lain seperti Spotify dan Apple Music.

Secara umum, fitur-fitur lain yang ditawarkan oleh TikTok Music hampir sama dengan Spotify dan Apple Music, mulai dari tampilan lirik saat memutar lagu, daftar lagu dengan kategori tertentu, hingga pencarian lirik di kolom pencarian.

Hal menarik lainnya, seperti yang sudah ada di Resso, kolom pencarian di TikTok Music dapat berfungsi mirip dengan Shazam milik Apple. Cukup klik ikon musik di kolom pencarian, pengguna akan dialihkan ke halaman “Song Catch” untuk mengidentifikasi musik dari luar aplikasi.

Baca juga: Inilah Perbedaan Threads dan Twitter, Siapa Lebih Unggul?

Fitur “Song Catch” berguna bagi pengguna yang ingin mencari judul lagu dan penyanyinya ketika mendengar musik di luar aplikasi yang tidak dikenal. Fitur ini juga menampilkan lirik lagu secara lengkap.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan