Seleksi Pemain! PSSI Berburu Timnas Ajaib Menuju Piala Dunia U-17 2023!

JABAR EKSPRES – PSSI telah memulai seleksi pemain untuk timnas U-17 Indonesia sebagai persiapan menghadapi Piala Dunia U-17 2023. Kegiatan ini akan di lakukan di 10 kota, di mulai dari Bandung pada Rabu, 12 Juli 2023.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengumumkan bahwa seleksi pemain timnas U-17 Indonesia akan dilakukan melalui program yang menarik bernama “Talenta Garuda”. Program ini melibatkan klub-klub Liga 1, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, dan Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI. Federasi sepak bola akan mencari 22 pemain terbaik untuk mengisi skuad utama Garuda Muda.

“Eksistensi program ‘Talenta Garuda’ adalah sebagai seleksi pemain tim nasional Indonesia piala dunia U-17. Program ini melibatkan 10 klub Liga 1 dari berbagai kota sebagai tuan rumah seleksi, direktur teknik PSSI, dan juga Asprov,” kata Erick seperti yang dikutip dalam keterangan resmi PSSI.

Erick menjelaskan bahwa klub-klub Liga 1 akan memanggil calon pemain sesuai kebutuhan pelatih dan mempersiapkan segala kebutuhan teknis selama proses seleksi. PSSI akan bertindak sebagai koordinator dan pembina bakat, sementara Asprov dan direktur teknik akan bertugas mencari pemain-pemain potensial dari sekolah sepak bola di wilayah mereka masing-masing.

“Talenta Garuda adalah program kolaborasi antara klub-klub Liga 1, PSSI, dan Asprov. Kami bekerja sama untuk mencari 22 pemain terbaik,” tutur Erick, yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Baca juga : SUGBK Siap Bergemuruh! Konser Coldplay Melebur dengan Ajang Bergengsi Piala Dunia U-17 2023

Erick menegaskan bahwa PSSI telah menetapkan standar yang tinggi untuk para pemain agar dapat lolos ke skuad utama timnas U-17 Indonesia. Beberapa kriteria penilaian antara lain adalah kekuatan mental, tinggi badan antara 170-185 cm, kemampuan fisik dan teknik, kemampuan bermain bola, kemampuan kognitif, kondisi tubuh yang prima, VO2max dengan nilai rata-rata 60-65, serta kedisiplinan.

“Para pemain harus memiliki kemampuan passing akurat, dribbling yang kuat, dan kemampuan shooting yang tepat sasaran. Garuda Muda tidak boleh kalah bersaing. Kita harus berani dan yakin bisa bersaing,” tambahnya.

Dalam proses seleksi ini, beberapa legenda sepak bola nasional seperti Firman Utina, Robi Darwis, Firmansyah, Indriyanto Nugroho, Budi Sudarsono, dan Rully Nere juga terlibat. Seleksi pemain perdana timnas U-17 Indonesia di langsungkan di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, dan di hadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan