Program JKN Bantu Seorang Buruh Operasi Ablasio Retina

JABAR EKSPRES – Bekerja sebagai seorang buruh, manfaat program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sangat dirasakan oleh Muhammad Sarifudin (35). Pria yang sering disapa Sarifudin merupakan warga Kabupaten Tegal yang belum lama ini mendapat rujukan ke RS Mata Cicendo untuk menjalani operasi retina.

Sarifudin menceritakan bagaimana awal mulanya ia harus menjalani operasi retina. Ia biasanya mengendarai sepeda motor setiap hari pergi dan pulang bekerja. Suatu hari, Sarifudin merasakan penglihatannya dibagian sebelah kanan sangat kabur dan mengganggu aktivitasnya. Akhirnya ia memutuskan untuk segera memeriksaan keluhan tersebut ke Rumah Sakit Harapan Anda Tegal.

“Setelah dirujuk dari fasilitas kesehatan pertama, akhirnya saya menjalani beberapa pemeriksaan di RS Harapan Anda Tegal. Ternyata, mata saya minusnya sudah tinggi. Sebelumnya saya tidak pernah menggunakan kaca mata, ditambah lagi pekerjaan saya sehari-harinya cukup berat. Dari faktor tersebut, kemungkinan ada saraf terganggu yang mengakibatkan retina mata sebelah kanan lepas,” cerita Sarifudin, Senin (03/07).

BACA JUGA: BPJS Kesehatan Terus Bangun Sinergi Bersama Komunitas, Melalui Sambung Rasa Program JKN

Setelah mendapati diagnosa tersebut, Sarifudin lalu dirujuk ke RS Mata Cicendo Bandung untuk menjalani operasi. Operasi ablasio retina termasuk jenis tindakan operasi darurat yang harus segera dilakukan karena berisiko membuat pasien mengalami kebutaan.

“Pertama kali berobat ke RS Mata Cicendo pada 29 Maret 2023 lalu. Setelah menjalani pemeriksaan lengkap, dokter menyatakan memang harus dilakukan tindakan operasi. RS Mata Cicendo merupakan rumah sakit rujukan nasional untuk pelayanan mata, tentunya banyak pasien BPJS Kesehatan yang dirujuk kesini. Tanpa menunggu terlalu lama, kami diinfokan oleh pihak rumah sakit agar kembali lagi untuk menjalani pemeriksaan pada tanggal 15 Juni 2023 dan pada tepatnya tanggal 21 Juni 2023 akan dilakukan operasi ablasio retina,” tutur Sarifudin.

Sarifudin mengapresiasi pelayanan yang ia terima selama menjalani pengobatan di RS Mata Cicendo. Pelayanan yang yang sangat mudah, mulai dari proses pendaftaran hingga mendapatkan tindakan dan rawat inap. Seluruh petugas kesehatan di rumah sakit memberikan pelayanan yang maksimal tanpa membeda-bedakan.

“Kebetulan saya kan pasien jauh dari luar kota, saat berobat disini benar-benar diterima dan dilayani dengan baik. Program JKN ini manfaatnya sangat terasa sekali, khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu dan membutuhkan seperti kami. Kami sangat berterima kasih bahwa program JKN yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan telah menjamin hampir seluruh penyakit asal dengan prosedur yang tepat. Sebagai peserta JKN, tentunya agar tak lupa juga membayar iuran secara rutin,” ungkapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan