BPJS Kesehatan Terus Bangun Sinergi Bersama Komunitas, Melalui Sambung Rasa Program JKN

JABAR EKSPRES – BPJS Kesehatan Cabang Bandung kembali menggelar kegiatan Sambung Rasa Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bersama dengan Komunitas yang ada di Kota Bandung. Kali ini, BPJS Kesehatan mengundang komunitas Cinta Budaya Nusantara (CBN) dan Jabar Bergerak, Selasa (20/06).

PPs. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandung, Sundus Farida menyampaikan bahwa Kota Bandung memiliki komunitas yang sangat banyak. Beragam bentuk dan jenis komunitas sangat mudah ditemukan di Bandung, sebagai wadah dari warga yang memiliki visi dan misi sama terhadap suatu bidang tertentu.

“Dengan banyaknya komunitas di Kota Bandung, tentunya menjadi kesempatan untuk terus berupaya meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap Program JKN dengan menyasar berbagai lapisan. Selain menjadi ajang silaturahmi dan bertemu langsung dengan peserta, melalui kegiatan ini kami juga menyosialisasikan terkait kebijakan terbaru Program JKN, hak, kewajiban dan manfaat layanan, serta kemudahan-kemudahan akses layanan bagi peserta agar tidak menemukan kendala saat mengakses pelayanan,” ungkap Sundus.

BACA JUGA : BPJS Kesehatan Bandung Perkuat Sinergi dengan Awak Media, Fokuskan Peningkatan Mutu Layanan

Sundus menjelaskan, apabila saat mengakses pelayanan di fasilitas kesehatan maupun layanan administrasi kepesertaan, peserta JKN menemukan kendala dan tidak sesuai dengan haknya, maka peserta berhak menyampaikan pengaduan melalui kanal yang telah tersedia.

“Pengaduan terkait kendala yang dialami oleh peserta JKN dapat disampaikan melalui Care Center BPJS Kesehatan di 165, Aplikasi Mobile JKN, atau dapat juga disampaikan kepada petugas Edukasi dan Penanganan Pengaduan Peserta baik yang ada di rumah sakit maupun di Kantor Cabang,” terangnya.

Lebih lanjut Sundus memaparkan bahwa BPJS Kesehatan terus berinovasi untuk memberikan kemudahan-kemudahan akses pelayanan kepada peserta JKN.

Salah satu bentuk kemudahan tersebut, peserta JKN tidak perlu datang lagi ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan untuk mengakses kebutuhannya.

“Untuk mempermudah peserta JKN mengakses layanan administrasi, BPJS Kesehatan telah menyediakan layanan non tatap muka seperti Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp di nomor 08118165165 dan Aplikasi Mobile JKN. Selain itu juga, kini BPJS Kesehatan Cabang Bandung juga telah membuka layanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) dan BPJS Keliling yang hadir di kelurahan-kelurahan di Kota Bandung,” tutur Sundus.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan