Masuk Nominasi Penghargaan Kehormatan dari Presiden RI, Ema Sumarna Ikut Kecipratan ‘Uang Panas’?

JABAR EKSPRES – Persidangan kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) terkait pengadaan CCTV dan jaringan internet untuk Program Bandung Smart City yang melibatkan Wali Kota Bandung nonaktif, Yana Mulyana dan beberapa tersangka lainnya kembali digelar pada Rabu, 12 Juli 2023.

Dalam persidangan tersebut, terkuak bahwa Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna diduga juga ikut kecipratan ‘uang panas’ tersebut. Hal ini sebagaimana yang diungkapkan oleh Plh Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Asep Kurnia.

Dia mengungkapkan bahwa aliran dana tersebut telah sampai kepada Plh Wali Kota Bandung itu. Namun, uang tersebut disalurkan dalam bentuk THR.

BACA JUGA: Ema Sumarna Masuk Nominasi Penghargaan Satyalancana Wira Karya dari Presiden RI

Diduga, Ema Sumarna meminta uang sebesar Rp70 juta kepada pihaknya. Akan tetapi, pihaknya tidak menyanggupi. Akhirnya, pihaknya memberikan uang sebesar Rp30 juta kepada Ema Sumarna. “Itu sisa uang dari sisa fee proyek, Pak!” ucap Asep Kurnia.

Sebagaimana diketahui, Ema Sumarna menjadi salah satu kandidat untuk meraih penghargaan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Satyalancana Wira Karya merupakan sebuah penghargaan yang diberikan kepada orang-orang yang berjasa bagi bangsa dan negara atas baktinya sehingga menjadi teladan bagi orang lain.

BACA JUGA: Fakta Baru, Fee Proyek Dishub Kota Bandung Disebut Mengalir ke Plh Wali Kota hingga APH

Beberapa kriteria penilaian dalam penghargaan tersebut adalah inovasi berupa strategi, kebijakan, regulasi, gagasan, ide, prosedur, metode atau hal praktis yang diamati atau dirasakan sebagai sesuatu yang baru atau orisinil. Selain itu, manfaatnya juga dapat dirasakan oleh instansi, kelompok tertentu, ataupun masyarakat.

Sebelumnya, Ema Sumarna telah menyelesaikan tahapan awal seperti seleksi atau pengajuan. Lalu, menerima usulan dan verifikasi internal. Selanjutnya, verifikasi dari BIN dan Kejagung. Kemudian, kelengkapan administrasi.

Rencananya, gelar kehormatan ini akan diserahkan oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo pada 12 Agustus 2023 di Solo, Jawa Tengah. (Fizh)

BACA JUGA: Fee Proyek Dishub Kota Bandung Telah Berjalan Sejak 2018 Lalu

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan