Manfaat Cengkeh untuk Mengatasi Asam Lambung dan Cara Mengonsumsinya

JABAR EKSPRESAsam lambung yang tinggi merupakan kondisi yang dapat menyebabkan gejala mual dan perut terasa begah karena produksi asam lambung yang berlebihan. Namun, ada cara alami untuk mengatasi asam lambung menggunakan bahan herbal seperti cengkeh.

Mari kita lihat manfaat cengkeh untuk mengatasi asam lambung dan cara mengonsumsinya.

Baca juga : Apa itu Papiledema Penyakit yang Diderita oleh Kurnia Meiga

Manfaat Cengkeh untuk Mengatasi Asam Lambung

Peningkatan produksi asam lambung umumnya di sebabkan oleh beberapa faktor, termasuk konsumsi makanan pedas berlebihan, pola makan yang tidak teratur, stres, dan konsumsi alkohol.

Gejala asam lambung tinggi sering kali meliputi gangguan pencernaan, sensasi terbakar di perut bagian atas dan tenggorokan, rasa asam di mulut, gelisah, dan sembelit.

Sebelum mempertimbangkan kunjungan ke dokter, Anda dapat mencoba mengobati asam lambung menggunakan rempah ini.

Menurut Shilpa Arora, seorang ahli gizi makrobiotik dan pelatih kesehatan, cengkeh dapat meningkatkan pencernaan dan asimilasi nutrisi yang baik.

Jabarekspres.com mengutip FOOD NDTV pada Rabur (12/7/23), “Cengkeh yang di tambahkan dalam kari dan makanan dapat membantu mengatasi asam lambung. Campuran cengkeh dan kapulaga dalam proporsi yang sama dapat mencegah asam lambung.”

Selain itu, cengkeh juga dapat meningkatkan produksi air liur, membantu pencernaan, dan mengurangi gerakan peristaltik pada saluran pencernaan.

Mengunyah cengkeh juga di anjurkan sebagai obat tradisional ayurveda untuk meredakan sakit maag.

Menurut Wellbeing Nutrition, mengunyah cengkeh memiliki efek basa dan karminatif pada lambung dan saluran pencernaan, yang dapat mencegah terbentuknya gas.

Selain itu, cengkeh juga bermanfaat dalam mencegah perut kembung.

Baca juga : Tips Menjaga Kesehatan Otak agar Terhindar dari Pikun

Cara Mengonsumsi Cengkeh untuk Asam Lambung

Cara mengonsumsi cengkeh untuk mengatasi lambung cukup mudah.

Anda dapat mengunyah dua hingga tiga siung untuk mengeluarkan cairannya dan memberikan bantuan instan untuk mengatasi asam lambung.

Mengonsumsi rempah yang sudah di hancurkan bersama dengan kapulaga ini juga tidak hanya mengurangi masalah asam lambung, tetapi juga memberikan efek penyegar pada napas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan