Dalam Peringatan Hari Koperasi ke-76, PLT Bupati Bogor Iwan Setiawan Bilang Begini!

JABAR EKSPRES, BOGOR – Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan minta seluruh jajarannya untuk mendukung gerakan koperasi di Kabupaten Bogor agar lebih maju dan berkembang.

Hal ini ia tegaskan saat menghadapi peringatan Hari Koperasi ke-76, di halaman kantor Dinas Koperasi dan UKM (Diskop UKM) Kabupaten Bogor, Cibinong, Rabu (12/7).

“Semangat Hari Koperasi ke-76 ini bukan hanya sekedar seremonial belaka, tapi kita harus mewujudkan esensinya yakni mengembangkan eksistensi koperasi di wilayah Kabupaten Bogor,” Kata Iwan Setiawan kepada media.

Lebih lanjut, Iwan mengatakan, dirinya mencatat aspirasi dari Dekopinda Kabupaten Bogor.

BACA JUGA : Cegah Angka Stunting Naik di Bogor, Dokter Rayendra Ajak Warga untuk Concern Berikan Gizi yang Cukup Pada Anak

Pada kesempatan tersebut ia minta seluruh jajaran camat dan perangkat daerah, baik yang langsung atau tidak langsung berkaitan dengan perkoperasian untuk mendukung setiap kegiatan koperasi yang ada di Kabupaten Bogor, agar lebih baik, lebih maju, dan lebih berkembang.

Masih kata Iwan Setiawan, koperasi merupakan organisasi ekonomi yang fungsi utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat.

Untuk mensejahterakan anggotanya, sambung Iwan, koperasi menyelenggarakan berbagai usaha serta pelayanan sesuai kebutuhan anggota.

“Memajukan koperasi dibutuhkan landasan hukum yang kuat sebagai pegangan bagi semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, aparat penegak hukum, dan pihak-pihak lainnya. Saat ini Kementerian Koperasi dan UKM tengah menyusun Rancangan Undang-Undang (RUU) perokoperasian sebagai pengganti Undang-Undang nomor 25 tahun 1992 tentang perkoperasian,” paparnya.

BACA JUGA : Soroti Sampah Plastik, Wali Kota Bogor Ingatkan Tiga Hal

RUU perkoperasian tersebut dirancang untuk mendorong koperasi lebih adaptif terhadap perubahan dan perkembangan ekonomi, teknologi, sosial dan budaya secara global.

“Dengan adanya pembaharuan undang-undang perkoperasian ini kita berharap koperasi mampu menjawab tantangan zaman dan memiliki daya saing dan daya sanding yang besar,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Dekopinda Kabupaten Bogor, Pepi Januar Pelita menyampaikan, Dekopinda ingin memastikan peringatan hari Koperasi tahun ini adalah bentuk kerja sama yang harmonis, antara Pemkab Bogor, baik Dekopinda, para pimpinan pusat koperasi, serta koperasi dan UMKM se-Kabupaten Bogor.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan