4 Fakta Menarik Tentang Tol Cisumdawu yang Bakal Diresmikan Jokowi Hari Ini, Punya Teknologi Menghindari Longsor!

JABAR EKSPRES – Berikut fakta menarik Tol Cisumdawu, yang bakal diresmikan oleh sang Presiden kita, Joko Widodo alias Jokowi, hari ini Selasa, 11 Juli 2023. Jalan tol ini tuh panjangnya sekitar 62 kilometer dan melintasi Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Majalengka.

Tapi, itu enggak cuma aja agenda Jokowi di Jawa Barat. Beliau juga bakal mampir ke Gor Stadion Si Jalak Harupat buat ngeliat-liat. Selain itu, katanya beliau juga bakal bagi-bagi duit langsung di pasar-pasar di wilayah Bandung dan Sumedang. Emang rame banget, ya!

Jokowi ini direncanakan bakal terbang dari Lanud Halim Perdana Kusuma di Jakarta menuju Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, pada Selasa jam 8 pagi. Begitu sampai di Bandara Kertajati, si mantan Gubernur DKI Jakarta ini langsung menuju Gerbang Tol Cisumdawu.

Baca Juga: Jokowi Hari Ini Bakal Mampir ke RM Bungkeng Tahu Sumedang, Salah Satu Kuliner Legendaris!

Acara peresmian tol Cisumdawu katanya bakal berlangsung dari jam 9.30 pagi sampai jam 10.45 pagi. Nah, setelah jalan tol ini diresmikan, semua seksi yang ada di jalan bebas hambatan ini yang juga termasuk bagian dari Jalan Tol Trans Jawa di Jawa Barat, bisa langsung digunakan mulai Selasa itu.

Ini dia 4 fakta menarik tentang Tol Cisumdawu yang bakal diresmikan Jokowi hari ini:

1. Jumlah seksi

Tol Cisumdawu ini terdiri dari beberapa seksi, ada Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 kilometer, Seksi 2 Pamulihan-Sumedang sepanjang 17,05 kilometer, Seksi 3 Sumedang-Cimalaka sepanjang 4,05 kilometer, dan Seksi 4-6 Cimalaka-Dawuan sepanjang 29,3 kilometer.

2. Biaya pembangunan

Jalan tol yang punya 6 seksi ini dibangun dengan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), dan biaya konstruksinya mencapai Rp5,5 triliun. Lumayan mahal ya!

3. Panjang jalan

Total panjang dari Seksi 1 sampai Seksi 6 Tol Cisumdawu ini mencapai 62 kilometer, guys! Jauh banget kan? Jadi bisa melewati Kabupaten Bandung sampai Kabupaten Majalengka.

4. Teknologi keren

Tol Cisumdawu ini menggunakan teknologi yang keren banget, namanya geofoam EPS. Teknologi ini digunakan di pembangunan Seksi 5A yang ada di Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan