Bahaya Kolesterol di Wajah, Berikut Gejala yang Perlu Diwaspadai

Baca juga : Tanaman-Tanaman Herbal untuk Meningkatkan Vitalitas Pria, Bikin Pria Bergairah!

  1. Eruptive xanthoma

Eruptive xanthoma adalah benjolan berwarna jingga atau kulit di wajah, pipi, dan dahi yang menunjukkan tingkat kolesterol tinggi. Mereka juga dapat muncul di bokong, siku, tangan, dan lutut. Keberadaan eruptive xanthoma pada tubuh menandakan tingginya kadar trigliserida dalam tubuh.

  1. Emboli kolesterol

Emboli kolesterol terjadi ketika kristal yang terdiri dari kolesterol dan zat lain terlepas dari plak di arteri besar. Kristal kolesterol kemudian berjalan melalui aliran darah sebelum menetap di arteri atau pembuluh darah yang lebih kecil. Hal ini dapat menyebabkan pemblokiran aliran darah ke area tersebut dan mengakibatkan kerusakan dan gejala kulit seperti borok pada kaki, perubahan warna kulit, ganggren, serta jari kaki yang berwarna biru atau ungu.

  1. Livedo reticularis

Livedo reticularis adalah bintik merah kebiruan dengan pola seperti jaring pada kulit. Biasanya muncul di paha, kaki, jari kaki, bokong, atau ekstremitas lainnya. Pola ini dapat di sebabkan oleh berbagai faktor, termasuk emboli kolesterol.

Gejala-gejala tersebut merupakan tanda-tanda kolesterol di wajah yang perlu di perhatikan. Ketika munculnya gejala-gejala ini, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis dan penanganan yang tepat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan