Bukan Cuma Ikan Biasa, Ini Dia Ikan Shisamo yang Bikin Cipung Ketagihan!

JABAR EKSPRES – Bro, lo tau gak sih? Cipung, anak kedua Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, lagi demen banget makan ikan shisamo. Ikan ini kayak teri, tapi perutnya gede banget. Dan gara-gara Cipung, ikan ini jadi banyak dicari, bro!

Ternyata, ikan shisamo asalnya dari Jepang, nih. Ikan ini namanya Spirinchus lanceolatus, ukurannya mini aja, sekitar 15 cm. Perutnya buncit karena penuh dengan telur, jadi lucu banget.

Di Jepang, biasanya ikan shisamo dimakan utuh, entah itu dikeringin terus dipanggang atau digoreng. Kalo ikan shisamo yang ada telurnya masih lengkap, mereka panggilnya kimochi shisamo.

Baca Juga: Tampil Trendi dengan 5 Rekomendasi Model Rambut Pria yang Viral di Tahun 2023, Pilih yang Mana?

Tapi gak perlu jauh-jauh ke Jepang, bro, buat nyobain ikan kesukaan Cipung ini. Restoran Jepang di Indonesia juga banyak yang menyediakan shisamo, kok.

Ngomong-ngomong soal ikan shisamo, ternyata banyak manfaatnya, lho. Ikan ini kaya fosfor, selenium, vitamin B12, mangan, dan omega-3. Ada juga tembaga, seng, magnesium, dan kalsium yang cukup banyak, bro.

Kalo lagi diet pengen turun berat badan, ikan ini rendah kalori dan lemak jenuh, jadi aman buat dikonsumsi. Dalam 3 ons shisamo cuma ada 82 kalori aja, bro.

Baca Juga: Viral, 12 Tahun Dipendam, Bocah ini Akhirnya Nikah dengan Peserta KKN Pujaannya

Dari semua kandungannya itu, ikan shisamo punya banyak manfaat, nih. Cekidot!

  1. Bikin kulit kamu kinclong, bro! Vitamin B-nya bisa bantu pertumbuhan dan perbaikan kulit. Terus, omega-3 yang ada di ikan ini bisa ngurangin peradangan di kulit.
  2. Rambut kamu juga bakal sehat banget kalo rutin makan ikan shisamo. Omega-3-nya bisa bikin rambut kamu makin berkilau, dan ngurangin peradangan di kulit kepala yang bikin ketombe.
  3. Jantung kamu juga seneng banget kalo kamu konsumsi ikan ini, bro. Kandungan lemak jenuhnya rendah, tapi omega-3-nya tinggi. Lemak baik ini penting buat pengentalan darah dan ngerendahin kolesterol.
  4. Nah, kalo lo mau seimbangin kolesterol kamu, ikan ini bisa bantu, bro. Kandungan asam lemak omega-3-nya bisa bantu ngejaga keseimbangan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Omega-3 ini bekerja dengan ngurangin plak di arteri jantung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan