Adab Berpakaian Menurut Tuntunan Syariat Islam

JABAR EKSPRES – Islam menjadi satu-satunya agama yang bisa mengatur seluruh aspek kehidupan manusia dari dalam perut hingga setelah meninggal. Bahkan urusan berpakaian, Islam memiliki ketentuan yang sangat penting untuk diperhatikan, termasuk adab berpakaian menurut syariat islam.

Adab Berpakaian menurut syariat Islam adalah menampilkan kepribadian dalam berbusana, yang sesuai dengan petunjuk dan tuntunan ketentuan ajaran Islam.

Tentu saja Islam mengatur secara detail seperti apa pakaian untuk pria dan wanita sesuai dengan batasan aurat yang diperbolehkan. Karena fungsi dari berpakaian adalah penutup aurat.

Selain itu pakaian juga bisa berfungsi sebagai perangkat untuk beribadah kepada Allah swt, sekaligus Pelindung tubuh dan Perhiasan serta keindahan.

Baca juga : Heboh Inara Buka Cadar, Bagaimana Hukumnya dan Ketahui Batasan Aurat Perempuan yang Benar

Fungsi pakaian sebagai aurat dan perhiasan terdapat dalam firman Allah dalam Al Qur’an Surat Al-A’raf Ayat 26:

يَا بَنِيْٓ اٰدَمَ قَدْ اَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُّوَارِيْ سَوْاٰتِكُمْ وَرِيْشًاۗ وَلِبَاسُ التَّقْوٰى ذٰلِكَ خَيْرٌۗ ذٰلِكَ مِنْ اٰيٰتِ اللّٰهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُوْنَ

“Wahai anak cucu Adam! Sesungguhnya Kami telah menyediakan pakaian untuk menutupi auratmu dan untuk perhiasan bagimu. Tetapi pakaian takwa, itulah yang lebih baik. Demikianlah sebagian tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka ingat”.

Sementara fungsi pakaian sebagai pelindung terdapat Al Qur’an Surat An Nahl Ayat 81 berikut ini:

وَاللّٰهُ جَعَلَ لَكُمْ مِّمَّا خَلَقَ ظِلٰلًا وَّجَعَلَ لَكُمْ مِّنَ الْجِبَالِ اَكْنَانًا وَّجَعَلَ لَكُمْ سَرَابِيْلَ تَقِيْكُمُ الْحَرَّ وَسَرَابِيْلَ تَقِيْكُمْ بَأْسَكُمْ ۚ كَذٰلِكَ يُتِمُّ نِعْمَتَهٗ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تُسْلِمُوْنَ

“Dan Allah menjadikan tempat bernaung bagimu dari apa yang telah Dia ciptakan, Dia menjadikan bagimu tempat-tempat tinggal di gunung-gunung, dan Dia menjadikan pakaian bagimu yang memeliharamu dari panas dan pakaian (baju besi) yang memeliharamu dalam peperangan. Demikian Allah menyempurnakan nikmat-Nya kepadamu agar kamu berserah diri (kepada-Nya”).

Adab Berpakaian

Adapun adab berpakaian dalam Islam yang sesuai dengan syariat bisa dilihat berikut ini, yaitu :

1. Ketika akan berpakaian diawali doa,
2. Berpakaian dimulai dari kanan,
3. Saat melepas dari kiri,
4. Tawadhu/ tidak berlebih-lebihan dalam berpakaian,
5. Pakaian yang dikenakan bersih dan rapi,
6. Sesuai dengan situasi dan kondisi,
7. Pakaian yang dikenakan menutup aurat,
8. Tidak membentuk lekukan tubuh,
9. Tidak memakai pakaian yang bersifat menarik perhatian orang dan tidak terlalu mencolok.

Baca juga : Heboh Inara Buka Cadar, Bagaimana Hukumnya dan Ketahui Batasan Aurat Perempuan yang Benar

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan