Proyek Jembatan Cikereteg Meleset dari Target, Kementerian PUPR Lamban!

JABAREKSPRES – Waktu itu pada akhir tahun lalu, jembatan Cikereteg di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor nyaris ambruk. Pada bagian pondasi mengalami longsor dan ambrol.

Warga setempat pun merasa khawatir dengan kondisi jembatan yang menjadi penghubung Bogor-Sukabumi itu. Jembatan Cikareteg memiliki fungsi vital. Tiap harinya banyak dilalui truk untuk distribusi barang dan aktivitas warga.

Kerusakan terjadi pada bagian kolong jembatan tepatnya pada tembok penahan tanah yang mempengaruhi tiang penyangga.

BACA JUGA: BPOM Temukan 57.826 Tautan Link Obat Tradisional Ilegal di Marketplace

Melihat kondisi jembatan yang sudah rusak itu, tidak segera diperbaiki dengan cepat. Maklum saja jembatan Cikereteg kewenangannya ada di Kementerian PUPR.

Rendra Yudhi Agustian yang menjabat sebagai Pejabat Pembuat Komitmen Balai Besar Wilayah Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta-Jawa Barat beralasan, pihaknya masih menunggu kajian terkait rusaknya Jembatan Cikereteg itu.

Rendra mengaku, sudah mengunjungi dan melihat langsung Jembatan yang menunjang geliat ekonomi masyarakat di wilayah itu.

BACA JUGA: Buku Kedokteran Kuno Peninggalan Islam Ditemukan di Perpustakaan Arab Saudi

Menurutnya, pada dinding penahan tanah mengalami longsor sepanjang 55 meter dengan ketinggian 25 meter. Sehingga mengakibatkan ruas jalan mengalami keretakan akibat penurunan tanah.

‘’Kerusakan itu diakibatkan curah hujan yang cukup deras, sedangkan kajian teknis masih dianalisa,’’ kata Rendra.

Disisi lain, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengaku sudah berkordinasi dengan Kementerian PUPR melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bogor.

Pada 2 Februari 2023, hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Caringin di Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Keren! Nikuba Dikontrak Perusahaan Otomotif Dunia

Jembatan Cikereteg yang awalnya sudah amblas akhirnya ambruk sebagian dan membuat masyarakat mengalami kesulitan melintas.

Pihak kepolisian pun langsung menerapkan sistem buka tutup dan bekerja ekstra mengatur lalu lintas.

Melihat kondisi Jembatan Cikereteg ambruk, barulah kementerian PUPR langsung turun tangan melakukan perbaikan dengan menutup total jalan jembatan itu.

Akibat penutupan jembatan itu, dampaknya sangat merugikan masyarakat yang hendak beraktivitas.

BACA JUGA: Ngeri! Polisi Ungkap Jual Beli Organ Tubuh Manusia Berupa Ginjal

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan